Senin, 27 Mei 19

Inilah Peraih Obsession Awards 2019

Inilah Peraih Obsession Awards 2019
* Obsession Awards 2019. (foto: dok OMG)

Best State Owned Enterprise Bank

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Naskah: Giattri F.P. Foto: Fikar Azmy & Istimewa

BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah lama dikenal sebagai bank dengan spesialisasi di kredit mikro yang menjangkau berbagai wilayah pedesaan di penjuru Indonesia. Dalam 123 tahun usianya, bank milik negara ini telah melakukan transformasi dan kini menjadi bank pertama di dunia yang memiliki satelitnya sendiri. Transformasi tersebut mengubah banyak hal di tubuh BRI, tidak hanya operasional bisnis. Namun, juga pengelolaan sumber daya manusia.

Hebatnya lagi, BRI kokoh menjadi bank terbesar di Tanah Air. Total Aset BRI pada 2018 sebesar Rp1.296,9 triliun naik 15.2 persen yoy dari tahun 2017, Rp1.126,2 triliun. Meski saat ini sudah menjadi bank terbesar di Indonesia, baik secara individu bank (bank only) maupun secara konsolidasi, BRI akan terus memperbesar aset lewat ekspansi usaha. Tahun 2018 lalu, BRI sudah merampungkan pembelian saham mayoritasnya di PT Danareksa Sekuritas. Sekitar 67 persen saham Danareksa Sekuritas dikuasai BRI. Rencana BRI tersebut tidak akan mengganggu proses pembentukan holding BUMN sektor keuangan yang tengah disiapkan pemerintah. Upaya lain BRI dalam memperbesar asetnya adalah rencana pembelian asuransi umum. Kini BRI sudah memiliki mayoritas saham di sembilan tujuh perusahaan, di antaranya 99 persen BRI Finance, 91 persen BRI Life, 87,1 persen BRI Argo, dan 73 persen BRI Syariah.

Ekpansi BRI ini sudah tidak tertandingi oleh bank-bank lain di Indonesia sejak tahun kemarin dari segi aset. “Selisihnya akan makin besar, makin besar, dan makin besar lagi,” ujar Suprajarto saat di temui di kantornya. Keyakinan ini didasarkan pada kinerja dua bank yang menjadi anak perusahaan, yaitu BRI Syariah dan BRI Agro. “Dengan seluruh BRI Incorporated yang kita miliki sekarang, akan semakin mendorong aset BRI tumbuh cepat. BRI Syariah yang sudah IPO dan Alhamdulillah harga sahamnya tetap stabil, bahkan akhirakhir ini naik luar biasa. Tahun ini, BRI Syariah dan BRI Agro ditargetkan untuk naik kelas menjadi Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) III,” tambahnya BRI juga terus membuktikan komitmen dalam mendorong beragam program yang menggerakkan denyut perekonomian masyarakat, salah satunya melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Di sepanjang tahun 2018, BRI berhasil menyalurkan KUR dengan total Rp80,2 triliun kepada 3,9 juta pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Pencapaian tersebut menjadikan BRI sebagai penyalur KUR terbesar di Indonesia dengan portofolio 64,9 persen dari total target penyaluran KUR nasional 2018 sebesar Rp123,56 triliun. Apabila ditotal, sejak tahun 2015 hingga 2018 BRI telah berhasil menyalurkan KUR senilai Rp235,4 triliun kepada 12,6 juta pelaku UMKM. Ini merupakan langkah konkret bank yang berdiri sejak 16 Desember 1895 ini mendorong ekonomi kerakyatan di Indonesia dengan langsung menyentuh grass root. BRI pun terus berkomitmen meningkatkan pencapaian pertumbuhan investasi pada setiap tahunnya khususnya yang berasal dari karyawan. Hal ini berhasil diwujudkan oleh bank berkode emiten BBRI ini pada 2018 dengan menjaring 35 ribu investor yang berasal dari karyawan. Capaian ini mendapatkan penghargaan dari Bursa Efek Indonesia (BEI), Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dalam kategori “Emiten dengan Penambahan Investor Karyawan Tertinggi 2018.

BRI1

Selama tahun lalu, BRI juga banyak meraih penghargaan baik di level nasional maupun internasional, seperti menyabet enam penghargaan bertaraf internasional sekaligus dalam waktu yang bersamaan atas transformasi dan inovasi digital yang telah dilakukan oleh BRI. Penghargaan yang diterima, yaitu 5 dari The Indonesia Country Awards 2018 yang diselenggarakan oleh The Asian Bankers Awards 2018 dan 1 dari International Data Corporation (IDC) Digital Transformation Awards 2018. Penghargaan tersebut, antara lain Application or Programme: SABRINA, The Productivity, Efficiency and Automation Initiative, dan Application or Programme: BRISPOT. BRI juga berhasil menduduki peringat ke-2 dari 100 perusahan di ASEAN dengan peningkatan Wealth Added Index (WAI) sebanyak 5 kali sejak awal Tahun 2018. Sementara untuk di dalam negeri, saat ini BRI menduduki peringkat pertama sebagai perusahaan yang memberikan index kekayaan terbaik bagi para pemegang saham secara nasional. Peringkat yang diterima oleh BRI bukannya tak berdasar, peringkat sebagai perusahaan dengan tingkat WAI nomor 2 di Asean tersebut disematkan oleh Stern Value Management Consulting Firm. BRI juga dinobatkan oleh Euromoney sebagai ‘The Best Bank in Indonesia For Private Banking: Succession Planning Advice and Trust’.

BRI pun kembali menerima penghargaan bergengsi di tingkat internasional, yaitu National Champion for Marketing 3.0 dari Asia Marketing Federation (AMF) karena pengelolaan marketing bisnis BRI yang mumpuni, di antaranya telah benar-benar merefleksikan visi, misi, dan nilai perusahaan dalam implementasi marketingnya. Pendekatan marketing yang dilakukan BRI juga sesuai yang diinginkan dan relevan dengan konsumen atau nasabah. Selain itu, tentu saja strategi BRI dinilai memiliki kontribusi positif terhadap permasalahan di masyarakat. Hal ini disandarkan pada luasnya unit kerja BRI yang tersebar di seluruh Indonesia dan produk perbankan yang beragam bagi semua kalangan, hingga mampu memberikan layanan perbankan/literasi keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Agen BRIlink alias agen keliling BRI di daerah-daerah, misalnya. Lalu ada Teras Kapal untuk memberikan akses perbankan pada masyarakat di daerahdaerah terpencil.

“BRI satu-satunya bank di dunia yang punya layanan di atas kapal. Masyarakat di remote area yang jauh dari kota besar sangat membutuhkan layanan perbankan, potensi ekonomi di sana juga luar biasa seperti perikanan, tambang. Itu kita layani dengan Teras Kapal. Ada juga Teras Mobile dan Teras Kantor,” paparnya. BRI juga merupakan satu-satunya bank di dunia yang punya satelit sendiri, yaitu BRIsat. Dengan adanya satelit ini, BRI bisa melayani seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, BRIsat nyatanya memberikan manfaat yang besar bagi Markas Besar (Mabes) TNI dan Kepolisian Republik Indonesia sebagai jalur komunikasi dengan pangkalan udara yang terletak di daerah 3T (Terdepan, Tertinggal, dan Terluar). (Poy)

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.