Sabtu, 27 April 24

Al-Qur’an Panduan Hidup Halal

Al-Qur’an Panduan Hidup Halal
* Abdur Rahman Dahlan. (Foto: halalmui.org)

Agar Mendapat Syafaat dengan Al-Qur’an, Bukan dari Koran atau Chatting

Dapat kita perhatikan, orang yang mengaku Muslim itu banyak yang lebih sering membuka dan membaca ayat-ayat WhatsApp, dari pada Ayat-ayat Suci Kalam Ilahi. Ada kawan bercerita, telepon genggamnya lowbet dan mati beberapa jam. Ketika dihidupkan lagi, ratusan ayat-ayat chatingan WhatsApp masuk, dan semuanya relatif dilahap habis. Sementara 24 jam hidupnya dilalui, agaknya belum tentu satu ayat Al-Qur’an pun dibacanya. Bahkan sampai berhari-hari hidupnya dibiarkan kosong dari lantunan ayat suci itu. Astaghfirullah al-‘Azhiim.

Memang sangat ironis. Banyak orang merasa kehilangan info kalau terlambat membaca koran, tetapi justru anteng saja meski tidak membaca Al-Qur’an, sampai berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan sampai berbulan-bulan. Memang ada Mushaf Al-Qur’an di rumahnya. Tapi disimpan rapi di atas lemari, sampai kelabu ditutupi debu, karena sangat lama tidak ada yang menyentuhnya. Duhai, menyentuhnya pun tidak, apa lagi membuka lembaran-lembarannya yang suci mulia. Padahal Al-Qur’an itu memberi info maupun panduan yang hakiki tentang jalan keselamatan dunia hingga hari kemudian.

Bahkan amat sering orang bangun tidur langsung baca chatting (WhatsApp), sedangkan baca Al-Qur’an entah kapan, atau malah kapan-kapan, gak kepikiran. Sampai pada akhirnya badan dibungkus kain kafan, baru dibacakan Al-Qur’an padanya. Jika demikian, tentu itu sangat ketinggalan! Padahal jelas, orang yang tekun membaca, insya Allah akan mendapat syafaat di Hari Akhirat, sesaat lagi: “Bacalah al-Qur’an, sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat nanti memberi syafaat bagi orang yang membacanya.” (HR. Muslim). Tentu bukan hanya sekedar membaca Al-Qur’an secara harfiyah, tetapi juga memahami dan mengamalkannya. Karena tanpa membaca Al-Qur’an, maka tak mungkin kita akan dapat memahaminya, apalagi mengamalkannya. Selain Rasulllah saw., tidak seorangpun yang mampu memberikan syafaat, pertolongan kepada seseorang pada Hari Akhirat nanti, kecuali Syafaat Al-Qur’an, bi-idznillah, yang dibaca selama ia hidup di dunia.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.