Sabtu, 20 April 24

Al-Qur’an Panduan Hidup Halal

Al-Qur’an Panduan Hidup Halal
* Abdur Rahman Dahlan. (Foto: halalmui.org)

Syekh Ibnu Utsaimin pernah ditanya, “Apakah diwajibkan bagi orang yang berpuasa untuk mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadan?” Beliau pun menjawab, “Memang mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadan bukan perkara wajib. Akan tetapi, selayaknya seorang beriman (harus) memperbanyak membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan, sebagaimana hal tersebut merupakan sunnah Rasulullah saw.. Dahulu beliau saw. selalu mengulang kembali bacaan Al-Qur’annya bersama malaikat Jibril di bulan Ramadan.” (Majmu Fatawa Ibnu Utsaimin)

Disebutkan dalam Hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas, ia berkata: “Rasulullah saw. adalah orang yang paling dermawan, dan beliau bertambah kedermawanannya di bulan Ramadlan ketika bertemu dengan malaikat Jibril, dan Jibril menemui beliau di setiap malam bulan Ramadlan untuk mudarosah (mempelajari) Al-Qur’an.” (HR. Al-Bukhari).

Rasulullah saw. demikian rupa belajar dan membaca Al-Qur’an. Bahkan dipantau langsung oleh Malaikat Jibril yang mulia. Maka seharusnya, teladan Beliau saw. itu memotivasi kita lebih kuat lagi agar selalu berusaha berinteraksi intensif dengan Al-Qur’an, dengan senantiasa membaca, mempelajari, memahami, menghayati dan mengamalkannya penuh kesungguhan. Hingga ketentuan Allah tiba, kita berada dalam keridhoaan-Nya, dan mendapat Syafaat Al-Qur’an di Hari Kemudian, bi-idznillah. Amin ya Allah.

Sumber tulisan: https://www.halalmui.org/mui14/main/detail/al-quran-panduan-hidup-halal

 

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.