Selasa, 30 April 24

Ahmad Basarah Berpeluang Mengisi Jabatan Menpan RB

Ahmad Basarah Berpeluang Mengisi Jabatan Menpan RB
* Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah. (Foto: mpr.go.id)

Obsessionnews.com – Pasca meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birkrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo pada Jumat (1/7/2022), sempat terjadi kekosongan kursi Menpan RB di Kabient Kerja Joko Widodo (Jokowi).

Lalu Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD untuk mengisi sementara kekosongan jabatan tersebut.

Diketahui, Tjahjo Kumolo wafat setelah menjalani perawatan intensif selama dua minggu di RS Abdil Waluyo, Menteng, Jakarta.

Baca juga: Tjahjo Kumolo Ingin Meninggal dalam Keadaan Tugas

Pengamat sosial politik Herry Mendrofa mengatakan posisi itu akan kembali diisi politikus dari PDI Perjuangan. Namun, PDI Perjuangan belum menentukan siapa yang bakal mengisi kekosongan kursi tersebut. Lalu siapa kah yang pantas menduduki posisi itu?

Herry menyebut, ada beberapa sosok kuat yang bakal menempati posisi Menpan RB. Salah satunya Politikus dari PDI Perjuangan, yakni Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah. Herry menilai, Basarah memahami dan menghayati politik sebagai profesi yang profesional, yakni pernah menjadi Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDIP serta jadi PLT Sekjen PDIP setelah Tjahjo Kumolo dan punya banyak pengalaman di bidang legislatif. Sehingga Basarah bisa menjadi penggerak ulung berjalannya roda organisasi.

“Ahmad Basarah punya pengalaman di bidang legislatif. Sekarang Wakil Ketua MPR,” kata Herry.

Baca juga: Tjahjo Kumolo akan Dimakamkan di TMP Kalibata

Jabatan dan pengalaman tersebut bisa mengantarkan Basarah memimpin Kemenpan RB.

Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) ini menyebutkan, setidaknya kader PDI Perjuangan yang dinilai akan menempati posisi adalah Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah.

Alasan dirinya memprediksi sosok Basarah karena pernah menjadi Wasekjen PDIP dan punya banyak pengalaman di bidang legislatif.

Pengalaman tersebut dapat menjadi pendukung kapasitas Basarah di Kemenpan RB. “Saya kira ini menjadi pilihan yang tepat juga bagi Jokowi untuk menempatan Ahmad Basarah sebagai calon Menpan RB,” katanya.

Baca juga: Ahmad Basarah Apreasiasi Penghargaan ‘Best Achiever In Legislator’

Seperti diketahui, Ahmad Basarah lahir di Jakarta pada 16 Juni 1968. Pernah kuliah di IISIP Jakarta dan kemudian kembali berkuliah S1 di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) dan meraih gelar Sarjana Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada 1995.

Setelahnya, Ahmad mendapat gelar Magister Ilmu Sosial dan Politik dari UI dan Universitas Kristen Indonesia (UKI). Kemudian, pada 2016 Ahmad meraih gelar Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Diponegoro (Undip). (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.