Selasa, 20 Agustus 19

15 CEO Pilihan 2019

15 CEO Pilihan 2019
* 15 CEO Pilihan 2019. (foto: dok MO)

Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Reputasi Sang Dirigen BCA

Naskah: Giattri F.P. Foto: Fikar Azmy

Eksistensi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) selama 62 tahun berdiri sebagai institusi perbankan terus diakui oleh berbagai pihak, dari dalam hingga luar negeri. Hal itu tentu tak lepas dari peran Jahja Setiaatmadja, Sang Nakhoda BCA yang kokoh mempertahankan reputasi bank swasta terbesar di Indonesia ini menjadi salah satu institusi perbankan terkemuka bahkan merajai pasar Asia.

BCA

Jahja mengungkapkan, BCA terus berupaya meningkatkan layanan kepada nasabah melalui teknologi dan meningkatkan kualitas bisnis perbankan. Tak hanya itu, keunggulan sistem pembayaran yang canggih dan inovatif menjadi kunci kesuksesan bank yang berdiri sejak 21 Februari 1957 ini. “Kemudahan bertransaksi sangat penting bagi bisnis, seperti halnya darah di tubuh kita. Kelancaran sistem pembayaran akan mendukung kinerja bisnis. Namun, secara bersamaan, BCA berkomitmen untuk mempertahankan prinsip kehati-hatian serta kualitas di setiap layanan kami,” ujar pria yang telah membaktikan diri membesarkan BCA hampir tiga dasawarsa ini. Karenanya, di tengah persaingan dunia finansial yang semakin kompetitif dan tantangan kondisi ekonomi global, BCA tetap konsisten meraih kinerja positif, seperti pada kuartal III-2018, BCA membukukan laba bersih Rp18,5 triliun. Bila dibandingkan kuartal III-2017, jumlah ini meningkat 9,9 persen dari posisi Rp16,8 triliun alias year on year (yoy).

Berkat kerja cerdas Jahja dan dengan dukungan teamwork yang solid, BCA sukses merajai industri perbankan di Asia sekaligus menjaga reputasinya sebagai bank swasta nomor satu dalam negeri. Hal itu bisa dilihat dari penghargaan FinanceAsia Country Awards for Achievement yang diterima bank berkode emiten BBCA ini selama tiga tahun berturut-turut, yakni pada 2016, 2017, dan 2018 lalu. Selain itu, kepiawaian Jahja bersama timnya dalam menghantar BCA menguasai pangsa pasar dan menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat pun menuai penghargaan di ajang London Summit of Leaders Achievements 2018 di London. Ajang ini merupakan ajang pertemuan para pemimpin, investor, akademisi, dan para profesional dari seluruh dunia yang diinisiasi oleh Academic Union, Oxford and the Global Club of Leaders bersama dengan ‘EBA Global’ Loyalty Programme.

BCA juga meraih penghargaan bergengsi lainnya, di antaranya Bank Terbaik di Indonesia dalam ajang Euromoney Awards for Exellence 2018 di Hongkong, Priority Integration Sector dalam ajang ASEAN Business Award 2018, dan Best of The Best Awards 2018 dari Forbes Indonesia. Kinerja cemerlang tersebut, sambung Jahja, tak lepas dari ketangguhan BCA dalam menghadapi perkembangan zaman sehingga dapat beradaptasi dengan tren teknologi yang sedang menggeliat, contohnya dengan merangkul financial technology (fintech) untuk mendukung bisnis bank. “Saat ini, kami telah fokus pada perbankan digital karena kami percaya dalam lima hingga sepuluh tahun, generasi milenial akan mendominasi pasar sehingga kami terus mengembangkan inovasi produk yang menyasar mereka, antara lain VIRA, Sakuku, dan OneKlik” ungkap Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja.

BCA juga menawarkan pilihan untuk membuka rekening Tahapan BCA tanpa buku. Sejak 14 Oktober 2018, nasabah diberikan opsi untuk hanya memiliki kartu debit saja. Pilihan ini tentunya sangat cocok bagi nasabah yang mengutamakan kepraktisan dalam mengelola dana dan bertransaksi. BCA juga berinovasi untuk memberikan kemudahan bagi para nasabah setianya, yakni dengan meluncurkan fitur transfer Quick Response (QR) code yang bernama QRku. Fitur QRku memungkinkan sesama nasabah BCA melakukan transfer tanpa harus menghafal nomor rekening, cukup dengan QR code yang bisa dipindai dengan smartphone. Fitur ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna Mobile Banking BCA dan Sakuku agar lebih nyaman saat melakukan transfer dana. Dengan adanya support dari Bapak Armand W. Hartono (Wakil Presiden Direktur BCA) dan tim IT BCA maka semua ini bisa menjadi kenyataan.

Selain terus berinovasi dari segi layanan dan produk perbankan, beberapa inisiatif berupa pembentukan anak perusahaan yang berkaitan dengan sektor digital, yaitu Central Capital Ventura (CCV). Perusahaan modal ventura yang sengaja dibentuk untuk berinvestasi dan berkolaborasi dengan perusahaan fintech yang nantinya diharapkan akan mendukung ekosistem layanan keuangan BCA dan anak usaha. Pendirian perusahaan modal ventura Capital Central Ventura (CCV). Perusahaan modal ventura yang sengaja dibentuk untuk berinvestasi dan berkolaborasi dengan perusahaan fintech yang nantinya diharapkan akan mendukung ekosistem layanan keuangan BCA dan anak usaha. Tak lupa Jahja menuturkan, kesuksesan sebuah perusahaan sangat lekat dari peran CEO dalam menggali potensi sumber daya manusia secara maksimal “Keberadaan CEO bukan hanya sekadar memberi arahan. Namun, bagaimana berbagi kemampuan cara pandang dan visi yang dimiliki untuk pengembangan bisnis perusahaan ke depan. Saya menyadari bahwa menjadi seorang pemimpin tidak bisa berjalan sendiri, melangkah bersama demi kemajuan perusahaan adalah salah satu kunci keberlangsungan bisnis,” urai peraih Warta Ekonomi Indonesia Most Admired CEO 2018 dan The Best Chief Executive Officer (CEO) 2018 dari dari Majalah SWA ini.

Penggemar golf tersebut menambahkan, seorang pemimpin tentunya harus memiliki citra dan reputasi yang baik. Selain itu, seorang pemimpin memiliki sejumlah kriteria lainnya yang perlu dipenuhi demi menciptakan nilai yang positif bagi perusahaan. Pemimpin juga bekerja sama dengan seluruh karyawan dalam bersamasama mencapai visi misi perusahaan. Bagi Jahja, memimpin sebuah organisasi itu seperti menjadi sang dirigen dalam satu orkestra. Ia menginginkan terciptanya suatu harmonisasi kerja di BCA, seperti halnya seorang dirigen menginginkan perpaduan berbagai alat musik yang harmonis saat memainkan sebuah lagu. Untuk membangun harmonisasi itu, sangat diperlukan komunikasi yang hanya bisa dijalankan jika dipimpin oleh seorang dirigen yang tepat.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.