Minggu, 12 Juli 20

UGM Beri Penjelasan Soal Hilangnya Gelar Profesor Amien Rais

UGM Beri Penjelasan Soal Hilangnya Gelar Profesor Amien Rais
* Amien Rais. (Foto: Edwin Budiarso/OMG))

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Selain politisi, Amien Rais sebenarnya juga dikenal sebagai seorang akademisi yang menyandang gelar profesor sebagai guru besar di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Ia sempat mengajar sebagai dosen di Fakuktas Fisipol. Namun belakangan gelar profesor Amien hilang.

 

Baca juga:

Polisi Mulai Bidik Amien Rais, Bachtiar Nasir dan Habib Rizieq

Amien Rais Peringatkan Wiranto: Hati-hati Anda

Kasus Dugaan Makar, Giliran Amien Rais Dilaporkan ke Polisi

 

Hilangnya gelar profesor Amien menuai pertanyaan publik. Hal itu juga dirasakan Ketua Dewan Guru Besar Koentjoro. Banyak pertanyaan yang diajukan kepadanya berkaitan dengan tanggung jawab Amien kepada masyarakat sebagai seorang profesor.

“Saya selaku Ketua Dewan Guru Besar Universitas Gadjah Mada barangkali banyak yang menanyakan, kan beliau (Amien Rais) profesor, lalu bagaimana tanggung jawabnya?” ungkapnya kepada wartawan di kampus UGM, Jumat (24/5/2019).

“Memang di Gadjah Mada guru besar itu memiliki tiga komisi, satu komisi tentang pendidikan, yang kedua komisi tentang nilai-nilai ke-UGM-an, yang ketiga adalah wawasan kebangsaan,” lanjutnya.

 

Baca juga:

Gebrak Podium, Amien Rais Nasihati Prabowo Agar Menahan Emosi

Muhammadiyah Menentang Gerakan ‘People Power’ Amien Rais

Bawaslu Tanggapi Pernyataan Amien Rais Soal Jin dan Hacker

 

Salah satu alasan mengapa gelar profesor Amien dicabut, yakni karena memang sudah lama yang bersangkutan pensiun dari dunia akademik. Sehingga ketika pensiun, maka secara otomatis hilang.

“Beliau sudah pensiun. Guru besar atau profesor itu adalah jabatan akademik, sehingga ketika beliau itu pensiun maka jabatan akademik sebagai guru besar itu pun sebetulnya juga harusnya hilang,” pungkas Koentjoro.

Sementara itu Rektor UGM Panut Mulyono menegaskan apa yang dilakukan politisi senior mien Rais bukan tanggung jawab institusinya. Sebab Amien Rais sudah pensiun dari kampus.

“Profesor Amien Rais itu sudah purna, sudah pensiun dari Universitas Gadjah Mada, sehingga secara institusi (UGM) sudah tidak ada ikatan secara struktural ya dengan Profesor Amien Rais,” kata Panut.

“Sehingga apa yang beliau (Amien Rais) lakukan itu bukan tanggung jawab Universitas Gadjah Mada, tentu menjadi tanggung jawab pribadi beliau. Saya kira demikian,” lanjutnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.