Jumat, 1 Juli 22

Temuan C1 Boyolali di Menteng Diproses Bawaslu Jakpus

Temuan C1 Boyolali di Menteng Diproses Bawaslu Jakpus
* Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad Afifuddin. (foto: Kapoy/OMG)

Jakarta, Obsessionnews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Pusat (Jakpus) menerima laporan dari Polres Jakpus mengenai penemuan dua kardus berisi salinan form C1 asal Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Dua kardus form C1 itu ditemukan oleh Polres Jakpus saat tengah melakukan operasi lalu lintas di Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu (4/5/2019).

 

Baca juga:

Sisi Lain Ketua Bawaslu RI Abhan, Sang Pengawas ‘Suara’

Diduga Langgar Prinsip Pemantauan, Bawaslu Cabut Izin Situs Jurdil2019.org

Bawaslu Imbau Kedua Paslon Tahan Diri Deklarasi Kemenangan

 

Saat itu sebuah mobil berjenis Daihatsu Sigra melintasi petugas yang tengah melakukan operasi lalu lintas sekitar 10.30 WIB. Petugas kemudian memberhentikan mobil tersebut karena dinilai melanggar lalu lintas dengan memakai pelat nomor yang berbeda, pada saat itu juga diberhentikan. Pas dibuka ada dua kardus yang ada tulisan C1 Kabupaten Boyolali.

Lalu mobil tersebut beserta dua kardus form C1 itu kemudian dibawa menuju kantor Bawaslu Jakpus untuk ditindak lanjuti.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Bawaslu Muhammad Afifuddin menyatakan, temuan dokumen C1 Kabupaten Boyolali di Menteng kini sedang diurus oleh Bawaslu Jakpus.

“Sedang diurus sama Bawaslu dan Gakkumdu Jakarta Pusat,” ujar Afifuddin di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakpus, Selasa (7/5).

 

Baca juga:

Bawaslu Perintahkan PPLN Lakukan Pemungutan Suara Susulan

Bawaslu Rekomendasi PPLN Lakukan PSU

Bawaslu Rekomendasikan Pungut Suara Ulang Lewat Metode Pos di Malaysia

 

Afifuddin menegaskan, formulir C1 yang dipegang oleh saksi, panitia pengawas, dan KPU sudah jelas dan tak ada masalah. Formulir C1 itu merupakan data hasil penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Formulir tersebut dibagikan ke saksi peserta pemilu, KPPS, dan pengawas di TPS.”Sehingga, jika semua partai mempunyai saksi maka tak perlu terjadi keributan terkait C1,” tutupnya.

Seperti diketahui, penemuan ribuan formulir C1 ini berawal dari operasi lalu lintas yang dilakukan Polres Jakpus pada Sabtu (4/5). Sebuah mobil disetop di Jl Besuki, Menteng kemudian ditemukan 2 kardus di bagasinya. Kardus itu ternyata berisi ribuan formulir C1. Kardus pertama berisi 2.006 formulir C1 sementara kardus kedua berisi 1.761 formulir C1. Ribuan formulir C1 itu berasal dari sejumlah kabupaten di Jawa Tengah. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.