Jumat, 1 Juli 22

Bawaslu Perintahkan PPLN Lakukan Pemungutan Suara Susulan

Bawaslu Perintahkan PPLN Lakukan Pemungutan Suara Susulan
* Acara jumpa pers Bawaslu soal pemungutan suara luar negeri. (foto: Kapoy)

Jakarta, Obsessionnews.com – Komunitas masyarakat Indonesia di Sydney, Australia menginginkan pemungutan suara ulang (PSU) pada Pemilu 2019.

Hal itu dikarenakan ratusan warga negara Indonesia (WNI) yang mempunyai hak pilih tidak diizinkan menggunakan haknya, padahal sudah ada antrean panjang di depan TPS Town Hall dari siang pada Sabtu 13 April 2019 lalu.

Untuk itu, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) RI memerintahkan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan KPU RI untuk melakukan pemungutan suara susulan pemilu 2019 di Sydney, Australia.

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengatakan, pemungutan suara susulan itu dilakukan bagi pemilih yang yang sudah masuk di Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Daftar Pemilih Khusus (DPK), namun belum dapat menggunakan hak pilihnya karena Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah ditutup oleh PPLN Sydney.

“Kami perintahkan untuk lakukan pemungutan ulang bagi WNI di Sydney yang sudah terdaftar dan mengantre ke TPS tapi belum menggunakan hak pilih,” ujar Fritz di Kantor Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019).

Perintah pemungutan suara ulang itu setelah Bawaslu menerima keterangan dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di Sydney bahwa ada pemilih yang belum bisa melaksanakan hal pilihnya karena TPS di Sydney telah ditutup pada pukul 18.00 waktu setempat.

“Padahal masih ada sejumlah pemilih yang antre di TPS, tapi akhirnya tidak bisa memilih karena TPS sudah ditutup,” bebernya.

Menurut dia, penutupan TPS saat ada masyarakat yang masih antre sudah melanggar prosedur, tata cacara, dan mekanisme dalam UU pemilu.

“Penutupan TPS di Sydney tidak sesuai asas umum dan adil dalam penyelenggaraan dalam penyelenggaraan pemilu 2019,” ungkap Fritz.

Seperti diketahui, PPLN Sydney membuka 22 TPS, yakni 4 di Konsulat Jenderal RI Sydney, 5 TPS di Sydney Town Hall, 3 TPS di Marrickvulle Community Centre, 3 TPS di Yagoona Community, 3 TPS di Good Luck Paza, 2 TPS di Sherwood State School-Brisbane, dan 2 TPS di Adelaide State Library. Pemungutan suara dibuka sejak pukul 08.00-18.00 waktu setempat. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.