Sabtu, 27 April 24

Sudirman dan Perang AntarGeng Mafia Tambang

Sudirman dan Perang AntarGeng Mafia Tambang

Sudirman dan Perang AntarGeng Mafia Tambang
Oleh: Adhie M Massardi

Langkah Menteri ESDM Sudirman Said ke mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DR RI untuk melaporkan Anggota DPR RI yang ditengarai meminta saham PT Freeport Indonesia mengatasnamakan Presiden Jokowi dan Wapres JK adalah layak diapresiasi. Dan agar semuanya lekas selesai, maka MKD harus segera meresponnya dengan memanggil Anggota DPR terlapor.

Tapi keberanian Sudirman Said ini tidak bisa disebut sebagai prestasi atas kinerjanya sebagai Menteri ESDM. Sebab sebagai Menteri ESDM, kebijakannya dalam mengelola ESDM kita sangat buruk. Nyaris tidak ada kontrak karya dengan pihak asing yang menguntungkan bangsa Indonesia.

Dalam kasus PT Freeport misalnya, kalau publik tidak meributkannya, pasti kontraknya akan segera  diperpanjang, sekalipun itu menyalahi UU karena belum saatnya diperpanjang.

Saya berharap langkah Sudirman Said (melaporkan anggota DPR peminta saham) ini bukan untuk mengelabui publik dan “menyandera” Presiden agar tidak jadi me-reshuffle dirinya.

Sebab kalau Sudirman Said memang mau menyelamatkan ESDM kita dari tangan para mafia, dia juga harus membeberkan pejabat, politisi dan bekas pejabat kita yang memiliki saham secara melawan hukum dalam perusahaan-perusahan di sektor ESDM. Jadi bukan hanya yang “akan” minta, tapi yang sudah mengangkangi selama bertahun-tahun.

Beranikah Sudirman Said mengungkap yang demikian itu? Kalau tidak berani, bukan mustahil peristiwa ini merupakan perang “antar-geng” mafia tambang belaka.

Dengan sangat heroik dan gagah berani, Menteri ESDM berhasil menggagalkan pencoleng lokal ‘mengutil’ saham PT Freeport McMoran (AS) yang sudah puluhan tahun menguras kekayaan alam milik rakyat Indonesia di Timika, Papua.

Saya tidak pernah bisa memahami apa yang mendorong Sudirman Said memilih berjibaku menjaga kedaulatan PT Freeport dari rongrongan para begundal lokal ini?

Kenapa hal yang sama (berjibaku) tidak berani dia lakukan untuk menjaga kedaulatan NKRI dan seluruh kekayaan alamnya? [#]

*) Adhie M Massardi – Mantan Jurubicara Presiden era Gus Dur

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.