Selasa, 30 April 24

Suarez dan Cavani Pernah Bawa Uruguay Tekuk Indonesia 7-1 di Jakarta

Suarez dan Cavani Pernah Bawa Uruguay Tekuk Indonesia 7-1 di Jakarta
* Timnas Uruguay saat di GBK Jakarta, 8 Oktober 2012, lawan Indonesia. (Getty/Goal)

Hari ini 11 tahun lalu, megabintang Luis Suarez dan Edinson Cavani masing-masing mencetak hat-trick buat Timnas Uruguay saat jumpa Indonesia di Jakarta.

Jumat, 8 Oktober 2010 menjadi hari yang tak terlupakan lantaran timnas Indonesia berkesempatan melawan Uruguay, yang berstatus semi-finalis Piala Dunia, di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Uji coba ini ditujukan sebagai bagian dari persiapan Indonesia mengikuti AFF Suzuki Cup yang dihelat di kandang sendiri di akhir tahun.

Namun, belum ada nama penyerang kelahiran Uruguay, Cristian Gonzales, dalam susunan tim asuhan Alfred Riedl waktu itu karena proses naturalisasinya baru tuntas sebulan berselang.

Uruguay dihadirkan berkat penampilan apik mereka pada Piala Dunia 2010 dengan menjadi semi-finalis sebelum dihentikan Belanda.

Pasukan Oscar Washington Tabarez datang dengan kekuatan terbaik, antara lain duet striker Luis Suarez dan Edinson Cavani. Saat itu keduanya masih bermain untuk Ajax Amsterdam dan Napoli.

Tuan Rumah Memimpin Terlebih Dahulu
Namun, Indonesia yang berada di bawah tekanan justru memimpin terlebih dahulu lewat satu-satunya serangan mereka di babak pertama.

Adalah sebuah operan yang membelah pertahanan dari Bambang Pamungkas yang kemudian dituntaskan Boaz Solossa untuk memberi skuad Merah Putih keunggulan yang mengejutkan.

Dibalas Cavani dan Suarez
Gol tersebut rupanya melecut semangat Uruguay. Tampil serius, gawang Markus Horison ganti bergetar dua kali lewat aksi menawan Cavani dan Suarez. Uruguay balik unggul 2-1 saat jeda.

Hat-Trick Perdana Bomber Uruguay
Babak kedua menjadi milik Uruguay sepenuhnya. Lima gol tambahan dilesakkan sedangkan Indonesia sudah kehabisan tenaga.

Cavani dan Suarez melengkapi torehan gol-gol mereka dalam pertandingan ini dengan menciptakan hat-trick.

Inilah hat-trick pertama mereka sejak memperkuat timnas Uruguay.

Cavani Belum Lagi Bikin Hat-Trick
Saat itu, Cavani baru mengemas empat gol untuk timnas Uruguay dan Suarez mencetak delapan gol.

Suarez tercatat lebih dahulu mencatat debut di pentas internasional, yaitu pada 8 Februari 2007, sedangkan Cavani pada 6 Februari 2008.

Trigol ke gawang Indonesia masih tercatat sebagai satu-satunya hat-trick yang dibuat Cavani dengan seragam Uruguay hingga saat artikel ini terbit.

Catatan Cavani dan Suarez
Per 8 Oktober 2021, Cavani sudah mengukir 123 caps dan 53 gol, sedangkan Suarez 125 caps dan 64 gol.

Keduanya kini berjuang mengantarkan Uruguay ke Piala Dunia 2022 pada dua laga babak kualifikasi yang menentukan akhir pekan ini dan pekan depan. (Goal.com/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.