Sabtu, 27 April 24

Profil Ketiga Pemain eTimnas Indonesia di AFC eAsian Cup 2023

Profil Ketiga Pemain eTimnas Indonesia di AFC eAsian Cup 2023
* Para Pemain eTimnas Indonesia yang Juara di eAsian Cup 2023 atau Piala Asia eFootball (Foto: Istimewa)

Obsessinews.com — eTimnas Indonesia baru saja berhasil menjadi juara AFC eAsian Cup 2023 atau Piala Asia eFootball. Kemenangan tersebut didapatkan setelah Indonesia mengalahkan Jepang di babak final, pada Selasa (6/2/2024), di Virtuocity Arena, Doha.

eTimnas Indonesia menang 2-0 atas eTimnas Jepang lewat skor 3-2 melalui babak adu penalti. Lebih tepatnya, setelah bermain imbang 1-1 pada pertemuan pertama dan 1-0 pada pertemuan kedua.

AFC mencatat bahwa eTimnas Indonesia adalah juara edisi pertama Piala Asia eFootball 2023. Yang mana baru digelar pada tahun ini berbarengan dengan Piala Asia 2023 Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024.

Di Piala Asia eFootball 2023, eTimnas Indonesia diperkuat oleh Akbar Paudie, Elga Cahya Putra, dan Rizky Faidan. Ketiganya bermain kompak sehingga sukses membawa harum nama Merah Putih, dirangkum berbagai sumber, berikut profil para pemain.

1. Rizky Faidan

Rizky Faidan merupakan pro player eFootball kelahiran Bandung, Jawa Barat, 2 Maret 2003. Atlet berusia 20 tahun itu telah berkecimpung di dunia esports sejak 2016.

Namun, namanya baru mulai dikenal ketika menjadi salah satu wakil Indonesia dalam ajang PES League World Finals 2019 di London. Pada tahun 2020, dirinya bergabung dengan PSS Sleman untuk bermain di ajang Indonesia Football eLeague (IFeL).

Saat itu juga Rizky langsung keluar sebagai juara. Setelah itu, prestasi Rizky Faidan semakin melambung dengan meraih medali emas PON XX Papua 2021.

Tidak berhenti sampai di situ, dia kembali menjuarai ajang IFeL edisi kedua pada 2021 bersama PSS Sleman. Setahun berselang, Rizky Faidan hijrah ke Bali United untuk berkompetisi di IFeL 2022.

Lagi-lagi, atlet yang bermain di SEA Games 2021 Vietnam keluar sebagai juara. Kini ia memperkuat Persik Kediri, dan peruntungannya berlanjut dengan menjuarai Piala eFootball Indonesia pada November 2023 lalu.

2. Elga Cahya Putra

Elga Cahya Putra merupakan pesaing Rizky Faidan di kompetisi IFeL. Atlet asal Lampung yang lahir pada 19 November 1997 sudah terjun di dunia esports eFootball sejak 2018.

Namun, namanya baru mulai dikenal pada tahun 2020 saat memperkuat Madura United dalam ajang IFeL. Tetapi, di musim pertama belum menghasilkan hasil.

Barulah pada tahun 2021 dia sukses menduduki posisi runner up IFeL ketika sudah hijrah ke Borneo FC. Rizky Faidan menjadi lawan yang mengalahkannya di partai final.

Pada tahun 2022, Elga mewakili Indonesia dalam kejuaraan Dunia Esports atau IESF 14th Bali World Championship. Saat itu juga ia sukses keluar sebagai juara.

Setahun berselang, Elga sukses meraih gelar juara IFeL 2023. Yang mana sekaligus mengantarkannya ke timnas eFootball Indonesia untuk berlaga di AFC eAsian Cup Qatar 2023.

3.Mohamad Akbar Paudie

Wakil timnas eFootball Indonesia ketiga di AFC eAsian Cup Qatar 2023, Mohamad Akbar Paudie. Akbar memiliki prestasi yang tidak kalah mentereng dari Rizky Faidan dan Elga Cahya Putra.

Atlet asal Gorontalo kelahiran 13 November 2001 itu meraih gelar juara pertamanya dengan memenangkan turnamen Piala Presiden 2021. Saat itu ia hadir bersama tim amatir, Badut Esport.

Kesuksesannya membuat Akbar dilirik berbagai klub besar Liga 1 yang berpartisipasi dalam ajang IFeL. Akhirnya, pilihannya jatuh ke Persiraja Banda Aceh yang langsung dia bawa menjadi runner up IFeL 2021.

Setahun kemudian, Akbar Paudie memutuskan hijrah ke Bhayangkara FC sampai sekarang. Pro player berusia 22 tahun itu sempat mewakili Indonesia dalam ajang Kejuaraan Esports Dunia 2023 IESF 15th World Championship.

Namun, saat itu ia gagal meraih gelar juara, perjalannya bersama Bhayangkara FC juga belum menghasilkan hasil. Meski begitu, ia tetap dipercaya untuk menjadi salah satu bagian timnas eFootball Indonesia di AFC eAsian Cup Qatar 2023. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.