Rabu, 1 Mei 24

Sandiaga Uno Dorong Pertumbuhan Desa Wisata Lewat Bantuan DPUP

Sandiaga Uno Dorong Pertumbuhan Desa Wisata Lewat Bantuan DPUP
* Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyerahkan bantuan Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP) kepada tiga desa wisata unggulan. Desa-desa yang mendapatkan bantuan tersebut adalah Desa Wisata Cikolelet dan Desa Wisata Sukarame di wilayah Banten, serta Desa Wisata Pulau Untung Jawa di DKI Jakarta. (Foto: Kemenparekraf)

Obsessionnews.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyerahkan bantuan Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP) kepada tiga desa wisata unggulan. Desa-desa yang mendapatkan bantuan tersebut adalah Desa Wisata Cikolelet dan Desa Wisata Sukarame di wilayah Banten, serta Desa Wisata Pulau Untung Jawa di DKI Jakarta.

Seremoni penyerahan bantuan DPUP diadakan di Desa Wisata Cikolelet, Kabupaten Serang, Banten, pada Sabtu (19/8/2023). Acara ini juga melibatkan pelatihan literasi keuangan, yang diharapkan dapat membekali pengelola desa wisata dengan pemahaman yang lebih baik tentang manajemen keuangan.

Baca juga: Wujudkan Kemandirian Ekonomi, Kemenparekraf Dorong Peningkatan Kualitas Desa Wisata di Tegal

Dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/8/2023), Sandiaga menyampaikan pentingnya bantuan ini sebagai kelanjutan dari program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Tujuan dari program tersebut adalah untuk memperkuat dan meningkatkan daya saing desa-desa wisata.

“Kami tidak ingin program desa wisata ini hanya menjadi tren sesaat. Kami akan terus memantau dan mengevaluasi perkembangannya. Ini akan menghasilkan peningkatan, penguatan, dan pengembangan kompetensi yang baru,” kata Sandiaga.

Masing-masing pengelola desa wisata menerima bantuan dana sekitar Rp119 juta-Rp120 juta dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Bantuan ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk peningkatan sumber daya manusia serta peningkatan kualitas produk-produk ekonomi kreatif.

Baca juga: Kemenparekraf dan Atourin Kolaborasi Promosikan Paket Desa Wisata di Tanah Air

“Selain peningkatan kualitas produk ekonomi kreatif, kami juga fokus pada peningkatan destinasi wisata, sehingga kunjungan wisatawan menjadi lebih berkualitas dan berkelanjutan,” jelas Sandiaga.

Dia juga menegaskan, penguatan desa wisata akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi, dengan peningkatan jumlah wisatawan yang berdatangan ke desa-desa tersebut.

“Kami memiliki target menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru yang berkualitas melalui desa wisata sebagai pilar utama pada tahun mendatang,” tambah Sandiaga. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.