Rabu, 22 Mei 24

Tips Praktis Obati Kaki Keseleo dengan Cepat

Tips Praktis Obati Kaki Keseleo dengan Cepat
* Ilustrasi Kaki Keseleo (Foto: Freepik)

 

Obsessionnews — Keseleo bisa ditandai dengan rasa nyeri, pembengkakan, memar, mati rasa dan terbatasnya ruang gerak sendi. Termasuk ke dalam jenis cedera yang terjadi pada otot, ligamen atau tendon (penghubung tulang dan otot).

Masalah ini biasanya terjadi pada pergelangan kaki atau belakang paha. Untungnya ada beberapa obat keseleo dan beberapa tindakan yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengobati kaki keseleo agar cepat sembuh.

Beberapa cara mengobati keseleo agar cepat sembuh, antara lain:

1. Beristirahat

Mengistirahatkan kaki selama 2-3 hari setelah keseleo efektif meredakan gejala keseleo. Selama masa istirahat, pengidap disarankan agar tidak melakukan aktivitas terlalu berat, seperti mengangkat beban, lari dan melompat.

Meski begitu, pengidap tetap boleh berolahraga. Syaratnya, hindari bertumpuan pada area sendi yang keseleo. Jika terjadi pada kaki, pengidap bisa berolahraga dengan melatih otot tubuh lain, seperti lengan.

2. Balut dengan perban

Jika keseleo terjadi di area pergelangan kaki, kamu mungkin perlu membalutnya dengan perban elastis selama 48-72 jam. Langkah ini efektif meredakan pembengkakan pasca cedera.

Jangan membalut area yang keseleo terlalu kencang. Sebab, ini bisa membatasi aliran darah menuju pergelangan kaki.Segera lepas perban jika mengalami mati rasa, kesemutan atau perubahan warna pada jari kaki.

3. Kompres dengan es batu

Mengompres area yang keseleo efektif meredakan rasa nyeri dan pembengkakan.Caranya, siapkan es batu dan handuk tipis. Kemudian balut es tersebut dengan handuk, dan kompres selama 15-20 menit.

Namun, pastikan es batu tidak langsung menyentuh permukaan kulit. Sebab, udara dingin yang ekstrem berpotensi memecah pembuluh darah.

Untuk hasil yang maksimal, kompres area keseleo sebanyak 3-4 kali dalam 72 jam pertama. Jadi, jangan anggap mudah yah.

4. Posisikan pergelangan kaki lebih tinggi

Caranya, posisikan tubuh berbaring dan mengangkat area kaki yang keseleo ke atas tembok. Posisi ini dapat mempermudah aliran darah menuju pergelangan kaki. Dengan begitu, pembengkakan dan memar akibat cedera bisa mereda.

5. Hindari pemicu perburukan gejala

Pengidap perlu menghindari mandi menggunakan air panas atau sauna, setidaknya 3 hari setelah keseleo. Mereka juga tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman beralkohol atau melakukan aktivitas berat.

Beberapa kondisi tersebut bisa memperparah pembengkakan, berpotensi menyebabkan perdarahan dan memperlambat proses penyembuhan. Bahkan, bisa memicu kerusakan lebih lanjut.

6. Minum obat antinyeri

Anda boleh minum obat keseleo yang bersifat antinyeri yang bisa andi dapatkan dengan mudah di apotik. Disarankan pilih yang mengandung ibuprofen atau paracetamol.

Sebelum mengonsumsinya, pastikan membaca dosis penggunaan pada label kemasan obat. Seekali lagi jangan sembarang meminum obat. (HAS)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.