Rabu, 1 Mei 24

Presiden Minta Pembelian Saham Reksadana Harus Dipermudah

Presiden Minta Pembelian Saham Reksadana Harus Dipermudah

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Jokowi mengakui saat ini sudah semakin banyak masyarakat yang berinvestasi di pasar modal, selain melalui transaksi saham, juga melalui reksadana. Karena itu, pembelian reksadana harus semakin dipermudah, khususnya bagi nasabah biasa perorangan.

“Karena nasabah jenis ini kelak akan meningkatkan investasinya dengan membeli saham secara langsung di bursa,” ujar Presiden Jokowi pada ulang tahun Pasar Modal Indonesia ke-38 di Jakarta, Senin (10/8/2015).

Presiden mengatakan ketersediaan dana murah dan berjangka panjang adalah salah satu pilar penting bagi pengembangan usaha yang berkelanjutan. Dana yang terkumpul akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan ekspansi perusahaan yang pada akhirnya akan menggenjot pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Dengan cara ini demokrasi ekonomi diperkuat dan kue ekonomi nasional tidak hanya dinikmati pemodal besar,” katanya.

Presiden juga menghimbau  perusahaan yang sudah Go Public bisa melakukan program distribusi kepemilikan saham bagi para karyawannya. Melalui mekanisme ini  generasi investor baru di pasar modal Indonesia akan bertumbuh.

Dia melanjutkan program perlindungan bagi investor, termasuk dari tindakan penggelapan, dengan menaikkan perlindungan investasi pasar modal dari  Rp 25 Juta menjadi Rp 100 Juta.

“Penegakan peraturan dan hukum harus dijalankan, sanksi bagi pelaku penggelapan di pasar modal Indonesia harus serius dan tanpa pandang bulu agar membangkitkan rasa aman bagi dunia investasi.

Menurut Presiden, kelak porsi dana domestik akan cukup memadai sehingga pasar modal kita lebih kokoh dalam menghadapi arus keuangan global yang mudah berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.

“Pasar modal yang kokoh akan menjadi salah satu pilar percepatan pembangunan nasional,” tutup presiden. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.