Minggu, 28 April 24

Mitos Jawa Bahu Laweyan Diangkat dalam Film Horor “Ratu Sihir”

Mitos Jawa Bahu Laweyan Diangkat dalam Film Horor “Ratu Sihir”
* Para pemain film horor “Ratu Sihir” pada jumpa pers di Jakarta, Senin (20/11/2023). (Foto: ANTARA/Pamela Sakina)

Obsessionnews.com – Indonesia dikenal dengan banyaknya kebudayaan, karenanya mitos yang berkembang di masyarakatnya pun tak kalah ramai dan menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah mitos yang berasal dari Jawa yaitu “Bahu Laweyan” yang diangkat oleh Fajar Nugros, untuk film terbarunya yang bergenre horor bertajuk “Ratu Horor”.

“Cerita ini diangkat dari folklore (cerita rakyat) daerah Jawa, yang memang ada beneran,” kata Nugros pada jumpa pers di Jakarta, Senin (20/11/2023).

Bahu Laweyan sendiri selama ini dikenal sebagai mitos yang tersebar di masyarakat Jawa. Mitos ini mempercayai bahwa perempuan dengan ciri Bahu Laweyan akan membawa petaka. Masyarakat percaya, kehidupan perempuan Bahu Laweyan berjalan tidak normal karena pengaruh dari energi negatif atau mahluk halus yang sangat jahat.

Nasib buruk itu rupanya bukan isapan jempol belaka, mitos ini turut dialami oleh sahabat Nugros yang tinggal di Yogyakarta. Kisah sahabatnya mengenai Bahu Laweyan yang mencengangkan itu akhirnya diangkat menjadi film “Ratu Sihir” yang akan tayang 2024 mendatang.

“Saya punya teman di Yogyakarta, dia sudah menikah beberapa kali dan kebetulan dalam momen tertentu suaminya meninggal sampai ketiga kalinya. Karena nasib buruk itu dia memutuskan untuk tidak menikah lagi, menganggap ada kutukan yang melekat pada dirinya,” ujar Nugros.

Bukan film horor biasa, produser “Ratu Sihir” Susanti Dewi mengatakan film ini juga mengangkat tentang isu-isu perempuan, menggambarkan bagaimana seorang perempuan hidup di tengah tuntutan, ekspektasi, dan batasan yang diciptakan masyarakat.

“Film ini membicarakan tentang perempuan-perempuan Indonesia dengan dinamika mereka, bagaimana pandangan masyarakat terhadap perempuan, dan kisahnya akan kita balut dengan cerita horor,“ kata Susanti menjelaskan.

IDN Pictures selaku rumah produksi telah mengumumkan para pemeran “Ratu Sihir”, mereka adalah Morgan Oey, Clara Bernadeth, Aurra Kharisma, dan Raihaanun. Saat ini, para pelakon dan kru tengah dalam tahap persiapan proses syuting yang akan dilaksanakan di luar Jakarta dalam waktu dekat. (Antara/Arfi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.