Minggu, 12 Mei 24

Kemenag Luncurkan Program Senam Haji Indonesia untuk Jaga Kesehatan Jemaah Haji

Kemenag Luncurkan Program Senam Haji Indonesia untuk Jaga Kesehatan Jemaah Haji
* Acara peluncuran program "Senam Haji Indonesia" dalam upaya menjaga kesehatan para jemaah haji di Asrama Haji Pondok Gede, Minggu (28/4/2024). (Foto: Kemenag)

Obsessionnews.com – Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan program “Senam Haji Indonesia” dalam upaya menjaga kesehatan para jemaah haji. Acara peluncuran tersebut berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, dan dihadiri oleh lebih dari 28 ribu jemaah haji Indonesia secara luring maupun daring.

Baca juga: Cegah Penyakit Menular, Calon Jemaah Haji Disarankan Lakukan Vaksinasi

Sekretaris Jenderal Kemenag M. Ali Ramdhani mengungkapkan, peluncuran senam haji merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan kesehatan dan kebugaran para jemaah haji. Dalam sambutannya, ia menyatakan,

“Launching senam haji bagian dari ikhtiar menjaga kebugaran jemaah haji agar jemaah bisa melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan lancar, sehat dan bugar hingga sehat pula saat pulang,” ujar Ali di Asrama Haji Pondok Gede, Minggu (28/4/2024).

Ali menjelaskan, pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap faktor kesehatan dalam penyelenggaraan haji tahun ini, mengingat kuota haji tahun ini mencapai 241.000 jemaah, yang merupakan jumlah terbanyak dalam sejarah penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia. Lebih dari 45.000 jemaah masuk dalam kategori lansia, sehingga pemerintah mengusung tagline “Haji Ramah Lansia” sebagai fokus utama.

Selain itu, jumlah jemaah haji yang wafat tahun lalu mencapai lebih dari 770 orang, menjadi alasan tambahan mengapa kesehatan jemaah haji menjadi prioritas utama.

Baca juga: Jemaah Haji Diberangkatkan dalam Dua Gelombang, Ini Rencana Perjalanan Ibadahnya

“Kesehatan jemaah haji menjadi concern. Kita ingin jemaah haji berangkat dalam keadaan sehat, bisa menunaikan ibadah haji dengan baik, dan pulang ke tanah air juga dalam keadaan sehat,” ujar Ramdhani.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief menyampaikan, senam haji ini dirumuskan oleh tim Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (Perdokhi) dan Perhimpunan Dokter Spesialias Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (Perdosri) dengan gerakan low impact.

“Senam ini juga dapat dilakukan jemaah selama berada di tanah suci,” tambahnya.

Diharapkan, melalui gerakan “Senam Haji Indonesia” ini, para jemaah haji akan lebih siap secara fisik dan mental untuk menjalani ibadah haji dengan sempurna, serta menjaga kesehatan mereka selama perjalanan dan di tanah suci. (M Lubis)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.