Minggu, 26 Mei 19

Kinerjanya Bersinar, 2018 Elnusa Raih Laba Rp276 Miliar

Kinerjanya Bersinar, 2018 Elnusa Raih Laba Rp276 Miliar
* Logo Elnusa. (Foto: dok. Elnusa)

Jakarta, Obsessionnews.comKinerja PT Elnusa Tbk  (ELSA) bersinar pada 2018. Perusahaan nasional  yang menguasai kompetensi di bidang jasa minyak dan gas bumi (migas) ini pada 2018 meraih pendapatan usaha sebesar Rp6,6 triliun dan laba bersih Rp276 miliar. Capaian ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu pendapatan usaha sebesar Rp4,9 triliun dan laba bersih sebesar Rp247 miliar.

Direktur Utama Elnusa Tolingul Anwar mengatakan,  capaian pendapatan tersebut didorong oleh peningkatan kinerja jasa hulu migas berbasis non-aset yang dilakukan dengan memenangkan peluang-peluang bisnis engineering, procurement, construction-operation & maintenance (EPC-OM) dengan kontrak-kontraknya yang bersifat multiyears.

 

Baca juga:

Pemerintah Berkomitmen Besar Kuasai Migas

BPH Migas Gandeng Polri Melakukan Pengawasan Kebijakan BBM 1 Harga

BPH Migas Kerja Keras Mengawal Kebijakan BBM 1 Harga

Mantan Dirut Pertamina Resmi Jabat Kepala SKK Migas

 

Peningkatan volume tersebut terjadi pada jasa distribusi dan logistik energi, melalui unit usahanya seperti jasa transportasi BBM, perdagangan BBM industri marine,maupun manajemen depo.

“Strategi menggenjot jasa hulu migas berbasis non-aset serta jasa distribusi dan logistik energi yang kami lakukan, berhasil kembali memecahkan rekor pendapatan usaha tertinggi sebelumnya. Pendapatan usaha tumbuh 33 persen dibandingkan 2017,” jelas Tolingul dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/2/2019).

Secara komposisi pendapatan, dia menyebutkan jasa hulu migas memberikan kontribusi sebesar 40 persen dan jasa distribusi logistik energi sebesar 56 persen. Sedangkan sisanya sebesar empat persen disumbangkan oleh jasa penunjang.

“Kami meyakini bahwa hasil ini tergolong wajar di tengah kondisi industri migas saat ini. Karena mulai membaiknya harga minyak tidak serta merta menaikkan harga jasa hulu migas,” tutur Tolingul.

Ia menjelaskan, dari akumulasi tersebut menciptakan kinerja terbaik 2018 sehingga menghasilkan laba bersih Rp276 miliar atau lebih tinggi 12 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Tolingul optimistis kinerja Elnusa akan lebih baik lagi pada tahun mendatang. Hal ini ditopang dengan perolehan kontrak multiyears yang telah diterima pada bisnis non-aset, peluang besar dan geliat jasa distribusi dan logistik energi, serta nilai tambah total solution services yang diberikan untuk jasa klien.

Profil Perusahaan

Elnusa merupakan satu-satunya perusahaan nasional  yang menguasai kompetensi di bidang jasa migas, antara lain jasa seismic, pengeboran dan pengelolaan lapangan minyak. Elnusa menyediakan jasa  migas  dengan strategi aliansi global bagi perusahaan migas berkelas dunia dan juga sesuai dengan standar keselamatan dan lindung lingkungan.

Sebagai bagian dari afiliasi Pertamina, pemegang saham pengendali Elnusa memberikan konstribusi yang sangat besar atas keberadaan Elnusa saat ini. Elnusa memiliki 40 tahun lebih pengalaman di industri jasa migas dengan klien baik perusahaan nasional maupun internasional. Elnusa merupakan market leader di industri jasa migas dengan keahlian yang mumpuni dan membawa sampai kancah pasar internasional.

Elnusa mengawali kiprahnya sebagai pendukung operasi PT Pertamina (Persero) pada tahun 1969. Jasa yang ditawarkan Elnusa antara lain terutama dalam memberikan pelayanan termasuk pemeliharaan dan perbaikan, di bidang peralatan komunikasi elektronik, peralatan navigasi dan sistem radar yang digunakan oleh kapal-kapal milik Pertamina.

Pada Oktober 2007 Elnusa kembali melakukan restrukturisasi menjadi perusahaan pertama Indonesia yang memberikan layanan hulu migas terpadu (integrated upstream oil and gas services company).

Selain itu, untuk memperkuat lini bisnis, Elnusa memiliki empat afiliasi yang dikonsolidasikan juga dalam struktur korporasi

PT Elnusa Tbk secara resmi terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia pada tanggal 6 Februari 2008. Dengan sikap profesional, transparansi, clean dan dengan etika bisnis yang terpercaya, Elnusa siap untuk menghadapi tantangan baik secara regional, nasional maupun internasional. Saat ini, Elnusa merupakan pemimpin di sektor jasa migas dengan kliennya yang merupakan perusahaan nasional maupun multi-nasional.

Jasa migas Elnusa terdiri dari:

  1. Jasa data geofisik: proses dan penyimpanan data  melalui metode seismic dengan peralatan yang dibentangkan di darah, laut dan zona transisi (laut dangkal/hutan bakau) dan laut dalam. Menjadi pionir dalan jasa data geofisikadi Indonesia, Elnusa memegang kendali atas operasi  geofisika di Indonesia.
  2. Jasa pengeboran migas: menyediakan solusi pengeboran dengan manajemen pengeboran, peralatan, pengadaan dan provisi. Tahun 2009 Elnusa melalui Divisi Pengeboran merupakan satu-satunya divisi atau perusahaan yang memiliki dan mengoperasikan Modular Rig Pertama di Asia Pasifik.
  3. Jasa pengelolaan lapangan minyak: mengoperasikan dan memelihara lapangan migas dan sumur, EPC-M, pipa O&M dan fasilitas produksi, penanganan produksi migas dan jasa pendukung pengeboran darat seperti Wireline Logging, Cementing dan Well Testing serta jasa evaluasi produk.
  4. Jasa pendukung: merupakan pelengkap dari jasa migas yang dimiliki Elnusa antara lain data manajemen dan jasa telekomunikasi. Jasa pendukung ini dioperasikan oleh Anak Perusahaan dan Afiliasi Elnusa.

(arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.