Senin, 24 Januari 22

Pemerintah Berkomitmen Besar Kuasai Migas

Pemerintah Berkomitmen Besar Kuasai Migas
* Penambangan Freeport di Kabupaten Mimika, Papua. (Foto: Twitter ‏@IDFreeport)

Jakarta, Obsessionnews.com – Selama 50 tahun, daerah kaya minyak dan gas (migas) di Kalimantan yang dikenal dengan Blok Mahakam, dikuasai oleh kontraktor asing dari Prancis (Total E&P Indonesie) dan Jepang (Inpex Corporation). Sejak 1 Januari 2018 Blok Mahakam kembali dikelola sepenuhnya oleh Pertamina.

Selama 50 tahun Blok Rokan di Riau dikelola oleh perusahaan Amerika, Chevron, dan pada akhir masa kontraknya tahun 2021 blok ini sepenuhnya dikelola oleh Pertamina.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menugaskan Pertamina untuk mengelola delapan blok migas yang habis masa kontraknya tahun ini. Delapan blok itu, selain Blok Mahakam dan Blok Rokan, Blok Tuban di Jawa Timur, Blok Ogan Komering di Sumatra Selatan, Blok South East Sumatera (SES) di lepas pantai Lampung dan Jakarta, Blok North Sumatera Offshore (NSO) di pesisir timur Sumatra, Blok East Kalimantan, Blok Attaka di Kalimantan Timur, Blok Tengah, dan Blok Sanga-Sanga.

 

Baca juga: 

Soal Freeport, Sri Mulyani Bela Jokowi yang Disebut Goblok Oleh Pengamat

Menolak Pansus DPR Divestasi Freeport, Ada Apa Inas?

Freeport dan Nasionalisme Kita

Lama Bercokol di Papua, Siapa Freeport-McMoRan?

Kita yang Bodoh Atau Freeport yang Pandai?

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.