Jumat, 26 April 24

Didakwa Korupsi, Senator Prancis Bunuh Diri

Didakwa Korupsi, Senator Prancis Bunuh Diri
* Jean Germain (kiri) menjalankan proyek 'pariwisata bermasalah' saat menjadi wali kota Tours. (bbc.co.uk)

Paris – Seorang senator dari Partai Sosialis di Prancis bunuh diri, hari Selasa (7/4), hanya beberapa jam sebelum diadili dalam kasus korupsi.

Jean Garmain oleh pengadilan didakwa secara tidak sah mengambil keuntungan dari kegiatan wisata untuk para turis Cina, yang memungkinkan para turis ini menggelar upacara pernikahan di tempat-tempat bersejarah di Prancis.

Para pejabat mengatakan proyek turisme untuk para wisatawan Cina ini dijalankan ketika Germain menjabat sebagai wali kota Tours.

Secara keseluruhan proyek ini menghabiskan dana sekitar US$815.000 termasuk pengeluaran puluhan ribu dolar untuk mendirikan ruang pamer di ajang Shanghai World Expo pada 2010 dan mengirim sejumlah delegasi ke Cina.

Terkait proyek ini Germain didakwa menyalahgunakan dana publik, meskipun jaksa tidak mendakwa Germain mendapatkan keuntungan pribadi.

Ia meninggalkan catatan berisi penolakan atas dakwaan jaksa dan menyalahkan media serta sistem hukum di Prancis yang ia sebut mendorong dirinya untuk bunuh diri.

Perdana Menteri Prancis, Manuel Valls, mengatakan dirinya yakin Germain mestinya kuat dan tabah menghadapi kasus ini. (BBC Indonesia)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.