Selasa, 30 April 24

Di Kebumen Kini Ada Fasilitas Kran Siap Minum Gratis untuk Masyarakat

Di Kebumen Kini Ada Fasilitas Kran Siap Minum Gratis untuk Masyarakat
* Peresmian KASM di Kebumen.

Obsessionnews.com – Bupati Kebumen, Jawa Tengah, Arif Sugiyanto dan Ketua Tim Penggerak PKK Iin Windarti Arif Sugiyanto didampingi Direktur Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen Zein Musta’in meresmikan Kran Air Siap Minum (KASM) PDAM dan Ruang Ramah Anak di Masjid Agung Kauman Kebumen Jumat (17/11/2023).

PDAM Kebumen memasang KASM di dua titik strategis di Kabupaten Kebumen, yaitu di halaman Masjid Agung Kauman, dan area Pasar Tumenggungan Kebumen. Air KASM itu bisa digunakan untuk masyarakat umum.

Terkait hal itu, Direktur PDAM Kebumen Zein Musta’in dalam sambutannya mengatakan, bahwa KASM yang dipasang memiliki standar kualitas air minum (dapat langsung diminum) dan sudah lolos uji kualitas pada laboratorium pemerintah yang terakreditasi penuh, sehingga dipastikan higienis.

“Sudah dipastikan higienis dan memiliki kualitas yang baik. Jadi masyarakat Kebumen bisa langsung meminum air dari KASM ini,” ujar Zein.

Acara peresmian ini ditandai dengan penandatanganan Prasasti KASM oleh Iin Windarti Arif Sugiyanto selaku Ketua TP PKK Kabupaten Kebumen didampingi oleh Bupati Kebumen.

Setelah penandatanganan prasasti dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis KASM kepada Ketua Yayasan KH Ashari yang didampingi Ketua Takmir Masjid Agung Kauman Kebumen, KH Dawamudin Masdar.

“Kami PDAM Kebumen menyerahkan pengelolaan KASM ini kepada Masjid Agung Kauman dan akan membantu dalam pemeliharaannya, karena masih menjadi bagian dari tugas kami yaitu pelayanan air minum,” ucapnya.

Selain itu pegawai PDAM Kebumen yang tergabung dalam wadah PDAM Infaq Club juga memberikan bantuan uang tunai kepada Yayasan Masjid Agung Kauman sebesar Rp.5.000.000.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Kebumen untuk kepentingan kemaslahatan umat dan kemakmuran masjid. Selain bantuan uang tunai, Bupati Kebumen juga membagikan sembako dan doorprize menarik saat acara berlangsung.

“Apa yang dilakukan PDAM dalam memberikan pelayanan sosial terhadap masyarakat patut kita apresiasi. Banyak inovasi yang membuat perusahaan bisa terus survive, dengan tidak hanya berpikir bisnis oriented tapi sosial oriented, seperti penyediaan kran air siap minum ini,” tutur Bupati.

Sementara itu KH Ashari selaku Ketua Yayasan didampingi KH Dawamudin Masdar selaku Ketua Takmir Masjid Agung Kauman yang turut hadir dalam peresmian tersebut mengatakan, KASM ini bisa dimanfaatkan bagi masyarakat secara cuma-cuma. Dia berharap agar KASM ini tidak dirusak.

“Jangan sampai fasilitas yang telah disediakan justru dirusak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Keberadaan Kran KASM ini juga diharapkan memperluas jangkauan pelayanan air minum untuk masyarakat disekitar alun-alun,” jelasnya. (Al)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.