Jumat, 3 Mei 24

Bupati Kebumen Ingatkan Pendamping PKH Paham Data Kemiskinan

Bupati Kebumen Ingatkan Pendamping PKH Paham Data Kemiskinan
* Pembinaan pendamping PKH bersama Bupati Kebumen.

Obsessionnews com – Para pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, mengikuti pembinaan bersama Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di Pendopo Kabumian, Jumat 17 November 2023.

Pembinaan dilakukan secara bertahap. Kali ini ada 122 pendamping PKH dari 15 kecamatan yang mengikuti kegiatan ini. Sebelumnya Bupati juga sudah mengundang pendamping PKH lainnya di Pendopo untuk mengikuti kegiatan yang sama.

Pada kesempatan tersebut Bupati menyampaikan bahwa pendamping PKH punya peran penting untuk mengawal dan memastikan bantuan yang diberikan tepat sasaran. Karenannya para pendamping ini ditekankan kembali apa yang menjadi tugas fungsinya.

“Jangan sampai para pendamping PKH ini tidak tahu warga yang miskin di wilayahnya berapa? Mereka benar-benar miskin atau tidak? Apakah masih ada warga miskin yang terlewat? Bantuan tepat sasaran atau tidak? Datanya harus benar-benar dicek,” ujar Bupati.

Bupati bahkan menanyakan langsung kepada Pendamping PKH tentang kondisi warga miskin di lapangan. Misalnya dari 200 warga miskin binaannya, siapa yang paling miskin. Kemudian apa alasannya disebut sebagai yang termiskin.

“Tadi sengaja kita tanya dari pendamping PKH; mereka benar-benar tahu nggak tentang kondisi warga miskin binaannya. Siapa dari 200 yang paling miskin. Semisal diambil lima saja, sebutkan siapa namanya, dimana rumahnya (RT/RW), kenapa dia termiskin. Sebagai pendamping, dia harus bisa menjelaskan,” ucapnya.

Ternyata beberapa dari mereka ada yang tidak bisa menyampaikan secara jelas. Namun ada juga yang bisa menyampaikan data dengan jelas. Bupati pun memberikan hadiah uang kepada yang bersangkutan. “Inilah fungsinya pendamping: mereka harus tahu data. Paham betul kondisi binaannya,” ucapnya.

Ke depan Bupati bakal sering mengadakan pertemuan dengan pendamping PKH di tiap-tiap kecamatan guna membahas kemiskinan. Ia berharap para pendamping PKH tidak hanya memberikan pendampingan tapi juga pelatihan, agar warga binaannya bisa mandiri. (Al) 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.