Rabu, 19 Juni 19

BBM Satu Harga Berkah Bagi Masyarakat Buru

BBM Satu Harga Berkah Bagi Masyarakat Buru
* BBM Satu Harga. (Foto: Kementerian ESDM)

Banyak Tantangan

Banyak tantangan yang dihadapi PT Pertamina (Persero) untuk mewujudkan program BBM Satu Harga tersebut, seperti aksesibilitas dan infrastruktur. Oleh karena itu, ia berharap dukungan stakeholders untuk bersama-sama menyukseskan program ini.

“Kami berharap dukungan ini kepada pemda mendukung keberadaan SPBU ini dan PT Pertamina (Persero) untuk terus menjamin pasokan BBM ke SPBU Kompak ini,” kata Ego.

Adanya SPBU di Kecamatan Air Buaya Kabupaten Buru yang melayani masyarakat dengan harga yang sama di kota-kota besar Indonesia menambah daftar kehadiran BBM Satu Harga di Maluku.

Kuota volume BBM subsidi tahun 2019 untuk Kabupaten Buru sebesar 4.979 KL untuk Minyak Solar, 7.132 KL untuk Minyak Tanah. Sedangkan kuota Volume BBM Penugasan Premium untuk Kabupaten Buru sebesar 9.097 KL. Adapun realisasi tahun 2018 seluruh penyalur BBM Satu Harga secara nasional untuk BBM Subsidi Jenis Minyak Solar sebesar 30.934 KL atau 0,20% dari realisasi nasional, sedangkan realisasi BBM Khusus Penugasan Premium untuk penyalur satu harga sebesar 54.871 KL atau 0,59% dari realisasi nasional.

Pada tahun 2017, sebanyak satu lembaga penyalur BBM Satu Harga telah dibangun di Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat. Sementara itu, 4 (empat) lembaga penyalur BBM hadir di tahun 2018, yaitu di Kecamatan Pulau-pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, Kecamatan Wermaktian, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Kecamatan Aru Utara, Kabupaten Kepulauan Aru dan Kecamatan Air Buaya, Kabupaten Buru. Tahun 2019 ini, Pemerintah kembali akan membangun 3 (tiga) lembaga penyalur BBM Satu Harga di Kecamatan Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kecamatan Pulau Leti, Kabupaten Maluku Barat Daya dan Kecamatan Seram Timur, Kabupaten Seram Bagian Timur.

Secara nasional, sejak tahun 2017 hingga 2019 akan dibangun 170 penyalur BBM Satu Harga, di mana PT Pertamina (Persero) telah membangun 54 lokasi di tahun 2017 dan 68 lokasi di tahun 2018. Sementara badan usaha pendamping sebanyak 3 lokasi di tahun 2017, dan tahun 2018 sebanyak 6 lokasi. Untuk tahun 2019, ditargetkan 39 Penyalur beroperasi oleh PT Pertamina, dimana 1 Penyalur telah diresmikan pada tahun 2018, 2 penyalur telah uji operasi dan 1 Penyalur oleh badan usaha pendamping. Dengan demikian sampai dengan saat ini secara keseluruhan telah beroperasi 133 Penyalur BBM Satu Harga. (arh)

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.