Minggu, 15 September 19

Kementerian ESDM Bangun Sumur Bor di Lombok Tengah

Kementerian ESDM Bangun Sumur Bor di Lombok Tengah
* Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Agus Cahyono Adi. (Foto: Kementerian ESDM)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Badan Geologi meresmikan sumur bor air tanah yang dibangun dari anggaran 2018 untuk daerah yang mengalami kesulitan air bersih di Desa Kute dan Desa Ungga, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Peresmian sumur bor dilakukan oleh Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Agus Cahyono Adi, mewakili Menteri ESDM, didampingi anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi kepada pemerintah daerah setempat di Desa Kute, Jumat (22/2/2019)

Agus mengatakan, fokus anggaran pemerintah adalah untuk kegiatan yang memberikan dampak langsung ke masyarakat, salah satunya melalui program sumur bor ini.

“Program pemerintah di ESDM ini difokuskan untuk memberikan perhatian kepada masyarakat secara langsung. Badan Geologi yang salah satu tugasnya untuk memetakan daerah-daerah yang sulit air,” ujar Agus seperti dikutip obsessionnews.com dari siaran pers Kementerian SDM, Jumat.

Hingga 2018, khusus di Kabupaten Lombok Tengah, Kementerian ESDM telah membangun  sebanyak 17 unit sumur bor, tersebar di 14 desa dan 6 kecamatan. Kapasitas produksi air bersih mencapai 1,03 juta m3 per tahun dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk sebanyak 47,2 ribu jiwa penduduk.

“Sampai hari ini Kementerian ESDM telah membangun 2.290 sumur di Indonesia. Di NTB ini sudah ada 99 sumur yang sudah terpasang, di Lombok Tengah telah berhasil dibangun 17 unit sumur, termasuk 2 sumur bor yang diresmikan hari ini,” kata Agus.

Sumur Bor Milik Rakyat

Pada kesempatan yang sama, anggota DPR Kurtubi menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian ESDM atas pembangunan sumur bor di wilayahnya.

“Terima kasih kepada ESDM yang telah meresmikan untuk daerah Lombok Tengah untuk masyarakat mendapatkan air bersih jadi lebih sehat. Ini adalah kerja kita bersama antara pemerintah dan DPR untuk rakyat. Tolong sumur bor ini dijaga bersama, ini milik rakyat,” ujar Kurtubi.

Sementara itu Asisten administrasi perekonomian Lombok Tengah yang mewakili Bupati Lombok Tengah Nasrun juga menyampaikan rasa apresiasinya kepada Kementerian ESDM atas pembangunan sumur bor di wilayahnya. Nasrun mengatakan, penyediaan sumur bor ini sebagai langkah konkret dalam pemenuhan penyediaan air bersih untuk menyediakan kebutuhan dasar manusia.

“Kami berterima kasih kepada ESDM yang telah membantu masyarakat kita memperoleh mendapat air bersih. Kami berharap titik sumur bor akan terus bertambah. Kepada masyarakat, saya mengimbau untuk menjaga fasilitas ini semata-mata untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Masyarakat harus memiliki rasa memiliki agar sumur bor ini bisa memberikan manfaat yang panjang untuk masyarakat. Ini adalah tanggung jawab kita bersama,” kata Nasrun. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.