Jumat, 26 April 24

Aktivis Mahasiswa PTKI Peroleh Materi Penguatan Moderasi Beragama

Aktivis Mahasiswa PTKI Peroleh Materi Penguatan Moderasi Beragama
* Para aktivis mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim). (Foto: Kemenag)

Sementara itu Marzuki Wahid lebih menekankan aspek kesesuaian antara Pancasila dengan maqasid syari’ah. Menurutnya, wajah beragama yang yang intoleran, ekstrem, hingga teror, tidak sesuai dengan prinsip tujuan kehadiran agama atau maqasid al-syari’ah.

Marzuki justru menegaskan, dalam konteks berbangsa dan bernegara di Indonesia, rumusan Pancasila sudah sesuai dengan nilai-nilai maqasid syari’ah.

Dosen Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) ini menegaskan, maqasid syari’ah adalah tujuan tertinggi dari syari’ah berupa rahmat, hikmah (kebijaksanaan), dan kemaslahatan. Karenanya, seorang muslim apalagi pemimpin, harus bisa menciptakan rasa aman kepada seluruh komponen bangsa tanpa kecuali. Dia harus memperkokoh kualitas agamanya dan menebarkan kemaslahatan, rahmat dan kebijaksanaan bagi semua.

“Dalam situasi, kondisi dan di mana pun berada seorang muslim yang baik harus menjadi rahmat bagi manusia dan alam sekitarnya,” ujar Marzuki mengutip Ibnu Qayyim al Zaujiyyah.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5 6 7

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.