Selasa, 16 April 24

Aktivis Mahasiswa PTKI Peroleh Materi Penguatan Moderasi Beragama

Aktivis Mahasiswa PTKI Peroleh Materi Penguatan Moderasi Beragama
* Para aktivis mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim). (Foto: Kemenag)

Bahasan tentang Pancasila dan Islam diurai lebih mendalam oleh Kepala BPIP Yudian Wahyudi. Dia menegaskan, bahwa Pancasila adalah anugerah terbesar, tidak hanya bagi bangsa ini tetapi juga bangsa-bangsa di dunia pada abad 20. Pasalnya,  Pancasila sebagai ideologi bangsa diakui juga oleh bangsa-bangsa lain di belahan dunia.

“Nilai-nilai Pancasila tidak ada yang bertentangan dengan agama karena digali oleh the founding father bangsa sebagai sebuah kesepakatan bersama,” tegas Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta ini.

Lebih lanjut Yudian menjelaskan, republik ini dibangun dengan dasar persatuan semua elemen bangsa. Itu menjadi salah satu sila dalam Pancasila sebagai sebuah pengakuan atas berbagai keragaman.

Mantan Rektor UIN Sunan Kalijaga ini menyebutkan tiga alasan umat Islam Indonesia harus mengakui Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara. Pertama, spirit perjuangan kemerdekaan meniscayakan Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa. Kedua, adanya legitimasi hukum (Islam) mengenai ijma‘ bahwa Pancasila merupakan hasil kesepakatan bersama sebagai dasar dan pedoman hidup bangsa Indonesia.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5 6 7

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.