Kamis, 25 April 24

Aktivis Mahasiswa PTKI Peroleh Materi Penguatan Moderasi Beragama

Aktivis Mahasiswa PTKI Peroleh Materi Penguatan Moderasi Beragama
* Para aktivis mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim). (Foto: Kemenag)

Semarang, obsessionnews.com –  Sebanyak 80 aktivis mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim). Acara ini digelar Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama (Kemenag) bekerja sama dengan UIN Walisongo, Semarang, Jawa Tengah.

Dibuka Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Diklatpim ini berlangsung secara online dari 20-26 Desember 2020 dan dilanjutkan secara offline 28-30 Desember 2020 dengan total 70 Jam Pelajaran. Hadir sebagai narasumber antara lain Sekretaris Umum Muhammadiyah Abdul Mukti, dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon Marzuki Wahid, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi, dan Komisioner Komnas Perempuan Imam Nakhoi.

Dikutip obsessionnews.com dari website Kementerian Agama, Selasa (22/12), para aktivis mahasiswa ini memperoleh materi penguatan moderasi beragama. Abdul Mukti misalnya menggarisbawahi masalah tasamuh (toleransi) sebagai ajaran ketuhanan yang telah termaktub dalam Al-Quran maupun perilaku Nabi Muhammad Swt. Menurutnya, toleransi menjadi salah satu wujud dari moderasi beragama di tengah-tengah kemajemukan bangsa.

“Kemajemukan (pluralitas), keberagaman (diversity, ta’addudiyah), dan istilah lainnya adalah sesuatu yang terjadi atas kehendak dan sesuai dengan hukum-hukum Allah (sunnatullah),” tutur Mukti, Senin (21/12).

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5 6 7

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.