Sabtu, 27 April 24

Ruhut: Investigasi Kematian Munir Sudah Diserahkan dari SBY ke Jokowi

Ruhut: Investigasi Kematian Munir Sudah Diserahkan dari SBY ke Jokowi

Jakarta, Obsessionnews.com – Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengatakan, laporan hasil investigasi Tim Pencari Fakta (TPF) atas kematian aktivis HAM Munir sudah diserahkan dari pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Saat itu, Ruhut mengungkapkan laporan TPF sudah berada di tangan Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin di era SBY. Saat Pemilu 2014 selesai, laporan diserahkan ke Menkumham saat ini Yasonna Laoly untuk ditindaklanjuti.

“Saya rasa (laporan ada di) Pak Amir Syamsudin, Menkumham era Pak SBY. Baru di era Pak SBY setelah selesai pemilu ada serah terima dari Presiden sebelumnya ke Presiden baru. Saya rasa menteri terkait juga begitu,” kata Ruhut, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/8/2016).

Ruhut yakin, SBY akan bersikap koperatif jika diminta memberikan keterangan terkait kematian Munir. Sebab, Munir sendiri mati pada saat SBY menjabat sebagai Presiden.

“Pak SBY kalau kaitan dengan pelanggaran HAM, apapun untuk tegaknya hukum, akan membantu. Pak SBY selalu bilang jadikan hukum sebagai panglima,” ujar Anggota Komisi III DPR itu.

Mantan Sekretaris Tim Pencari Fakta (TPF) untuk kasus kematian Munir, Usman Hamid, sebelumnya menyebut ada tiga ring yang terlibat dalam kasus pembunuhan Munir di dalam Pesawat Garuda September 2004.

Ring pertama kata dia, pelaku yang ada di lapangan, ring kedua pelaku yang membantu di lapangan, dan ring ketiga adalah otak pelaku yang punya niat menghabisi Munir. ‎(Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.