Kamis, 2 Mei 24

PM Kanada Buka Bersama Pemimpin Muslim di 24 Sussex

PM Kanada Buka Bersama Pemimpin Muslim di 24 Sussex

Ottawa – Perdana Menteri Kanada Stephen Harper mungkin menjadi sejarah Kanada dengan menggelar pertama kali buka puasa Ramadhan buat Muslim di kediaman PM Kanada di 24 Sussex, Senin (23/6/2015).

Memang, Presiden AS Barack Obama menjadi tuan rumah acara buka puasa setiap tahunnya di Gedung Putih. Tapi kantor Harper mengatakan Senin adalah pertama kalinya seseorang menggelar buka puasa yang diadakan di 24 Sussex, seperti dilansir thestar.com.

Dalam makan malam bersama umat Muslim itu, Harper berpidato dengan mengatakan, kediamannya ini akhirnya milik semua warga Kanada dan berharap setiap orang dapat berbagi dalam berkat bulan ini. Ia juga mencatat bahwa menurut tradisi mereka yang menjadi tuan rumah acara buka puasa membawa kebaikan pada diri mereka sendiri.

Hubungan pemerintah Konservatif dengan komunitas Muslim sebelumnya pernah tegang, dengan maraknya atas isu-isu seperti RUU baru yang melarang cadar wajah selama upacara kewarganegaraan.

Harper juga telah dikritik, karena lebih fokus pada unsur-unsur radikal dalam Islam daripada menjangkau Muslim arus utama setelah terjadinya serangan teroris terkait dengan radikalisasi.

Namun dalam pidatonya Senin ini ia membawa penghormatan pada kontribusi masyarakat.
“Seperti banyak orang lain, para pengikut Islam yang datang ke Kanada, mencari kebebasan, kesempatan dan toleransi,” katany.

“Rumah ini milik akhirnya semua warga Kanada,” kata Harper. “Dan saya berharap semua warga Kanada, terutama teman-teman Muslim kami dan tetangga, berbagi dalam berkat-berkat malam ini.”

Dalam acara tersebut terlihat saat makan malam itu Senator Salma Ataullahjan, yang adalah seorang Muslim Sunni. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.