Kamis, 21 Oktober 21

Pemerintah Perkuat Akses Internet Di Wilayah SKPT

Pemerintah Perkuat Akses Internet Di Wilayah SKPT
* Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersinergi memperkuat akses jaringan informasi (internet).

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersinergi memperkuat akses jaringan informasi (internet) di wilayah pengembangan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT).

Hal itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama tentang penyediaan dan pemanfaatan teknologi informatika dan komunikasi di sektor kelautan dan perikanan yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal KKP Rifky Effendi Hardijanto dan Sekretaris Jenderal Farida Dwi Cahyarini di Kantor KKP Jakarta, Kamis (18/1).

Dalam siaran persnya, Jumat (19/1/2018) KKP menjelaskan, adapun fokus perjanjian kerja sama ini ialah penyediaan layanan akses internet untuk pengembangan sektor kelautan dan perikanan di SKPT, pengembangan dan pemanfaatan aplikasi informatika serta pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi informasi, serta penyediaan dan pemanfaatan sumber daya frekuensi radio di sektor kelautan dan perikanan di pengembangan konten dan diseminasi informasi di sektor kelautan dan perikanan.

Sekretaris Jenderal KKP Rifky Effendi Hardijanto menjelaskan akses internet merupakan hal yang sangat penting, terutama untuk mendorong kinerja petugas KKP saat bekerja di SKPT yang mayoritas terletak di pulau terluar Indonesia.

“Banyak wilayah nelayan, saya pernah ke Natuna, ada wilayah sulit. Kalau tidak dipasang satu sistem yang memadai, tidak bisa melakukan komunikasi. Sehingga adanya akses internet bisa kita prioritaskan,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekjen Kemkominfo Farida Dwi Cahyarini mengungkapkan, penandatanganan kerja sama ini merupakan bentuk komitmen dari pemerintah untuk mendukung penyediaan jaringan atau akses internet khususnya di kawasan SKPT milik KKP.

“Kami akan membantu dalam hal akses. Bantu dalam hal aplikasi untuk KKP,” jelasnya.

Nantinya implementasi dari perjanjian kerja sama ini berupa penambahan Base Transceiver Station (BTS) dan penguatan jaringan akses data internet di SKPT. Kegiatan tersebut sebelumnya telah diujicobakan pada 2017 lalu di SKPT Selat Lampa Natuna untuk mendukung kegiatan transaksi online dalam kegiatan perbankan dan akses konektivitas.

Penyediaan infrastruktur jaringan telekomunikasi berupa infrastruktur jaringan telekomunikasi 4G di 12 lokasi SKPT pada 2018 melalui program nasional Jaringan Telekomunikasi yaitu PALAPA RING (kabel serat optic bawah laut) yang akan melewati wilayah-wilayah SKPT.

Selain itu akan disediakan aplikasi Nelayan Pintar (Nelpin) antara KKP, Kemkominfo dan XL Axiata di wilayah pesisir pantai dan sentra nelayan untuk mendukung aktivitas nelayan saat melaut maupun memantau informasi mengenai pasar ikan. Tak lupa, pemerintah juga menyediakan penggunaan frekuensi radio nelayan dan aplikasi SMS gateway untuk mengetahui informasi arah, kecepatan angin, dan tinggi gelombang. Semantara untuk sektor pengawasan, akan dikembangkan Vessel Monitoring System (VMS) sebagai barang bukti elekttonik dan pelayanan otorisasi.

Guna mendorong kualitas sumber daya manusia kelautan dan perikanan, dari kerja sama ini juga akan dilakukan literasi dan edukasi akses pemanfaatan infromasi digital melalui pemanfaatan konten bidang kelautan dan perikanan serta program beasiswa Chief Information Officer (CIO) dan TIK S1 dan S3 dalam dan luar negeri. (Popi/KKP)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.