Jumat, 26 April 24

Pembaruan Alat Nelayan, Menteri Susi Bantu Kredit

Pembaruan Alat Nelayan, Menteri Susi Bantu Kredit
* Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menawarkan kemudahan kredit perbankan bagi para nelayan yang ingin membeli alat tangkap baru menggantikan cantrang yang selama ini digunakan.

“Kita pertemukan dengan perbankan yang mau memberikan kredit senilai minimal Rp 200 juta sampai kecukupan kebutuhannya berapa,” ungkap Susi dalam gelaran konferensi pers di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Susi menuturkan fasilitas kredit ini dipastikan memudahkan diakses oleh para nelayan.

KKP juga akan membuka posko pelayanan di kantor pusat KKP yang buka setiap hari kerja mulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB.

“Mohon kepada para pemilik kapal cantrang yang ingin mengganti cantrang, saya siapkan posko setiap hari kerja di kantor perizinan di KKP”, lanjutnya.

Tak hanya memfasilitasi kredit kepada para nelayan untuk melakukan peminjaman kepada bank, KKP juga akan merestrukturisasi hutang nelayan yang telah jatuh tempo dan dapat melakukan peminjaman kembali.

“Bahkan kalau yang punya hutang lama, perbankan akan merestrukturisasi sampai 2 tahun dan diberi hutang baru,” tambahnya.

Terdapat dua bank yang menjalin kerjasama dengan KKP terkait program fasilitas pembiayaan ini, yaitu Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

“Sudah kita pertemukan kemarin perbankan dan nelayan untuk bisa mendapatkan pinjaman untuk bisa mengganti alat tangkap dan kapal baru. Jadi tolong segera dimanfaatkan. Saya harap dengan bertambahnya ikan di mana-mana, makin baik pengelolaan perikanan, ikan makin banyak, yang diuntungkan nelayan-nelayan pemilik kapal itu sendiri,” pungkasnya. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.