Sabtu, 27 April 24

Pariwisata Diharapkan Mampu Dorong Indonesia Jadi Negara Maju pada 2045

Pariwisata Diharapkan Mampu Dorong Indonesia Jadi Negara Maju pada 2045
* Menteri Pariwisata Arief Yahya. (Foto: Kemenpar)

Pariwisata Indonesia Raih Peringkat ke-9 Tercepat di Dunia

Sementara itu Menteri Pariwisata Arief Yahya memaparkan pertumbuhan pariwisata Indonesia meraih peringkat ke-9 tercepat di dunia, dengan pertumbuhan wisatawan mancanegara pada tahun 2014-2018 mencapai 67,6 persen.

“Maka dari itu bisa diproyeksikan kemungkinan pada 2019, target devisa mencapai 20 miliar dolar AS dapat tercapai,” kata Arief.

Sebelumnya Presiden Jokowi menginginkan pembangunan infrastruktur di kawasan destinasi super prioritas agar dipercepat. Sehingga bisa dipromosikan secara masif pada 2020. Untuk mencapai target ini, pemerintah menganggarkan Rp6,5 triliun kepada 4 destinasi super prioritas dengan rincian Danau Toba (Rp2,2 triliun). Kemudian Borobudur (Rp2,1 triliun), Labuan Bajo (Rp6,3 triliun), dan Mandalika (Rp1,9 triliun).

Jokowi meminta seluruh kementerian terkait agar memberikan dukungan penuh. Baik itu dalam hal yang berkaitan dengan kepemilikan tanah, maupun penghijauan kembali kawasan wisata, terutama di Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, dan Mandalika.

Rakornas ini dihadiri oleh sejumlah Menteri dan Pejabat Kementerian dan Lembaga, antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perencaanan Pembangunan Nasional Indonesia Bambang Brodojonegoro, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, dan Kepala Biro Perencaanan dan Keuangan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Ahmad Rekotomo. (arh)

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.