Minggu, 20 Oktober 19

Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI

Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI
* Arief Yahya. (Foto: Sutanto/Obsession Media Group)

Arief Yahya adalah salah satu menteri yang mematri banyak prestasi. Kerja nyata pria kelahiran Banyuwangi, 2 April 1961 tersebut membuat sektor pariwisata Indonesia semakin memperlihatkan tajinya di dunia.

Arief Yahya adalah salah satu menteri yang mematri banyak prestasi. Kerja nyata pria kelahiran Banyuwangi, 2 April 1961 tersebut membuat sektor pariwisata Indonesia semakin memperlihatkan tajinya di dunia.

Di bawah komandonya, Kementerian Pariwisata Indonesia mendapatkan pengakuan dunia, seperti destinasi terindah di dunia, Bali dinobatkan sebagai The Best Destination in the World oleh TripAdvisor pada 2017. Rough Guides, situs Pemandu Perjalanan Asal Inggris, menetapkan Indonesia sebagai negara ke-6 terindah di dunia. Lonely Planet juga menetapkan Indonesia sebagai salah satu dari Top Ten Countries Best to Travel 2019.

Tak hanya itu, data dari World Travel & Tourism Council (WTTC) pada tahun 2018 juga menetapkan Indonesia dalam jajaran negara dengan pertumbuhan pariwisata tercepat, yakni peringkat 9 di dunia, peringkat 3 di Asia, dan peringkat 1 di Asia Tenggara. Peringkat Indonesia di Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) World Economic Forum pun melesat dari ranking 70 di tahun 2013 menjadi ranking 42 di tahun 2017.

Belum lama ini, Indonesia juga ditetapkan sebagai destinasi wisata halal (halal tourism) terbaik dunia 2019 standar Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019 mengungguli 130 destinasi dari seluruh dunia. Setelah lima tahun melakukan berbagai upaya, akhirnya Indonesia terpilih menjadi destinasi wisata halal terbaik dunia tahun ini. Lembaga pemeringkat Mastercard-Crescent menempatkan Indonesia pada peringkat pertama standar GMTI dengan skor 78 bersama dengan Malaysia yang sama-sama berada di ranking teratas.

Sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia, Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 pada 2015, ranking 4 pada 2016, ranking 3 pada 2017, ranking 2 pada 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI pada tahun 2019.

Country branding Wonderful Indonesia yang semula tidak pernah masuk ranking branding di dunia pada tahun 2015 melesat lebih dari 100 peringkat menjadi ranking 47, mengalahkan country branding Trully Asia Malaysia ranking 96, dan country branding Amazing Thailand urutan ke-83.

Posisi country branding Indonesia mencerminkan positioning dan differentiating pariwisata Indonesia. Country branding Wonderful Indonesia pun telah meraih puluhan penghargaan tingkat dunia. Selama 2016, Wonderful Indonesia menerima 46 penghargaan pada berbagai event di 22 negara, salah satunya The Best Exhibitor 2016 Internationale Tourismus Borse (ITB) di Berlin. Pada tahun 2017, meraih 27 penghargaan di 13 negara, antara lain People’s Choice Award UNWTO & UNWTO Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific (China), Destination of The Year di TTG Travel Awards 2017 (Bangkok), dan The Best Exhibitor 2017 di ITB (Berlin).

 

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.