Sabtu, 27 April 24

Novel ’50 Ribu Rupiah Menaklukkan Jakarta’ Diluncurkan

Novel ’50 Ribu Rupiah Menaklukkan Jakarta’ Diluncurkan

Jakarta, Obsessionnews – Novel 50 Ribu Rupiah Menaklukkan Jakarta karya Ghea Mirella diluncurkan dan dibedah di TB Sari Anggrek, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Minggu, (27/9/2015). Tampil sebagai narasumber Muhammad Subhan (penulis dan pegiat Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia) dan Irzen Hawer (novelis). (Baca: FAM Indonesia Sebarkan Semangat Cinta Menulis)

Acara diikuti aktivis literasi sejumlah komunitas penulis di Sumbar, di antaranya FAM Wilayah Sumbar, Rumahkayu Indonesia, FLP Sumbar, Books Reader Padang, Klub Sahara, dan pegiat S3 (Silaturahim Sastrawan Sumbar).

“Hari ini lahir lagi sastrawati dari Ranah Minang. Ini adalah jenis novel memoar yang ditulis pengarang berdasarkan kisah nyata,” ujar Irzen Hawer yang juga guru bahasa dan sastra Indonesia SMA Negeri 1 Batipuh pada acara itu  dalam keterangan tertulis yang diterima obsessionnews.com Selasa (29/9).

Sementara itu Muhammad Subhan menilai novel ini unik, sebab penulis menghadirkan tokoh utama yang merantau ke Jakarta berstatus remaja perempuan. Lumrahnya, di Minangkabau, kebiasaan merantau dilakukan remaja/pemuda laki-laki. (Baca: Muhammad Subhan, Motor Penggerak Forum Aktif Menulis Indonesia)

“Pengarang melawan kebiasaan umum di Minangkabau bahwa merantau adalah tugas laki-laki, sementara perempuan menunggu di rumah gadang. Tentu, ini sah terjadi, sebab zaman berubah,” ujar penulis novel Rumah di Tengah Sawah itu. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.