Selasa, 4 Agustus 20

Mendag Sebut Produk Sarung Indonesia Dikenal di Somalia

Mendag Sebut Produk Sarung Indonesia Dikenal di Somalia
* Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita dan Wakil Menteri Luar Negeri Somalia Mukhtar Mahat Daud.

Nusa Dua, Obsessionnews.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita dan Wakil Menteri Luar Negeri Somalia Mukhtar Mahat Daud mengadakan pertemuan bilateral dalam acara Indonesia-Africa Forum (IAF) 2018 di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC), Nusa Dua, Bali, Selasa (10/4/2018).

”Somalia merupakan pasar potensial bagi Indonesia karena kondisinya yang saat ini sudah mulai pulih dari perang,” jelas Mendag dalam keterangan tertulis yang diterima obsessionnews.com, Rabu (11/4)

Ekspor Indonesia ke Somalia saat ini, lanjut Mendag, masih belum bisa dilakukan secara langsung. Indonesia ke Somalia masih melalui pihak ketiga, yaitu Kenya.

“Ini dikarenakan faktor keamanan di Somalia. Untuk itu, para pelaku usaha Indonesia perlu memanfaatkan keberadaan komunitas Somalia di Kenya untuk keperluan ekspor dan impor,” imbuhnya.

Total perdagangan kedua negara memberikan surplus bagi Indonesia sebesar USD 75,5 juta. “Surplus ini dicapai dikarenakan tidak adanya produk Somalia yang diekspor ke Indonesia. Sebaliknya, produk ekspor Indonesia yang cukup dikenal di Somalia yaitu sarung, mi instan, dan kosmetika,” jelas Mendag.

Sebelumnya, perdagangan antara Afrika-Indonesia pada tahun 2017 mencapai USD 8,84 miliar atau meningkat sebesar 15,25% dibandingkan tahun 2016.

Enggar menyampaikan, salah satu tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan kerja sama perdagangan dengan negara-negara di kawasan Afrika adalah hambatan tarif. Ini dikarenakan belum ada perjanjian dagang yang mengikat. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.