Kamis, 2 Mei 24

Liverpool Terkuat di Dunia, Siap Taklukkan Klub Planet Lain!

Liverpool Terkuat di Dunia, Siap Taklukkan Klub Planet Lain!
* Liverpool

Jadi tim terbaik di planet ini, Liverpool siap lebih menjulang pada 2020. Trofi berdatangan, neraca finansial terus menguat. Liverpool sedang berjaya di dalam dan luar lapangan. Setelah kini jadi raja Eropa dan raja dunia, suporter the Reds sesumbar “Liverpool siap taklukkan klub planet lain!”

Sekarang adalah periode yang indah di sepanjang tahun – terutama bagi Anda para loyalis Liverpool. Untuk kali ketiga dalam tempo kurang dari enam bulan, rak trofi di Melwwod butuh ruang tambahan.

Jurgen Klopp dan pasukan the Reds menemukan lagi mentalitas raksasa yang lama menghilang dan sekarang gelar juara menjadi candu bagi mereka.

“Terbaik di muka bumi,” demikian terbaca di headline Liverpool ECHO. Tidak ada yang bisa membantah itu.

Akhir pekan lalu di Doha, Liverpool menjadi klub pertama Inggris yang merajai Liga Champions, Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub di satu tahun kalender.

Raja Eropa, Raja Dunia
“Bawa kemari Saturnus!” demikian kelakar salah satu suporter. Jika perlu, mereka akan menaklukkan alam semesta.

Bagaimana rasanya berada di puncak dunia? “Unik,” jawab Roberto Firmino sang pencetak gol kemenangan atas Flamengo. “Waktu yang menyenangkan untuk menjadi pemain Liverpool,” tambah Trent Alexander-Arnold.

Mereka boleh mengatakan itu berulang-ulang. Liverpool adalah tim yang akrab dengan kesuksesan tetapi setelah sekian lama, kenikmatan itu baru-baru ini mereka cicipi lagi.

“Kami telah mencetak sejarah,” cetus Andy Robertson. Pada kenyataannya, memang milestones, rekor, momen indah dan trofi terus berdatangan ke Anfield.

Jangan salah, 2019 milik para pria dari Anfield. Gelar Liga Primer Inggris memang luput dari bidikan dan mereka yang berada di sana belum bisa sepenuhnya puas sebelum memutus dahaga juara liga.

Tetapi untuk sekali ini, 2019 memang milik Liverpool.

Dan hal yang paling mengerikan adalah besar kemungkinan situasinya akan menjadi lebih baik pada tahun depan. Kemenangan di markas Leicester di Boxing Day akan semakin menjauhkan rival sekaligus melambungkan kepercayaan diri tim untuk mengangkat trofi yang begitu diidamkan.

Mempertahankan gelar Liga Champions? Mengapa tidak. Liverpool berada di jalur yang tepat meski harus disebutkan juga Atletico Madrid akan menjadi lawan yang rumit di babak 16 besar.

Tetapi… Bagaimana mungkin tim dengan kualitas top seperti Liverpool sekarang ini harus takut pada tim-tim elit dunia lainnya?

Untuk sekarang, rasanya akan sulit bagi Anda untuk menjagokan lawan yang dihadapi Liverpool. Kepercayaan diri, kualitas dan kerja keras telah menjadikan mereka klub terbaik di planet ini.

Tidak setuju dengan pernyataan itu? Apa lagi yang Anda inginkan dari sebuah tim? Liverpool punya kiper dan bek tengah terbaik. Mereka juga punya pemain top di sektor sayap pertahanan belum lagi trio penyerang yang begitu merusak.

Empat dari tujuh pemain teratas di Ballon d’Or tahun ini datang dari Anfield dan tujuh dari 30 teratas. Andy Robertson, Fabinho dan Jordan Henderson bisa dengan percaya diri mengatakan tidak beruntung berada di dalam daftar itu.

Mayoritas pemain-pemain ini sudah mengamankan kontrak jangka panjang dan pada Januari nanti tenaga the Reds akan semakin kuat berkat kehadiran Takumi Minamino yang menjanjikan. Ya, gelandang serang serba guna ini didatangkan dari Salzburg seharga £7,25 juta.

Fans Liverpool pasti tahu jawaban pertanyaan berikut: “Kapan kali terakhir Anda merasa tim kesayangan Anda sesolid seperti sekarang?”

Jangan lupakan sosok manajer Jurgen Klopp. Mungkin sektor ini adalah anugerah terbesar yang menghampiri Liverpool dalam beberapa tahun ke belakang dan kabar baiknya adalah sang juru taktik baru saja meneken kontrak baru yang akan mengikatnya di Merseyside hingga musim panas 2024.

Komitmen dari Klopp adalah penegasan dari mulusnya proyek yang sedang berlangsung di Anfield sejak Oktober 2015. “Tidak ada tempat yang lebih baik dari ini,” ujar Klopp mantap.

Fenway Sports Group, pemilik klub, menyebutnya sebagai manajer terbaik yang ada. Dari segala imajinasi yang ada, Klopp sempurna bagi Liverpool. Pemain, staf dan suporter mencintainya. Dalam waktu empat tahun, pelatih asal Jerman ini sudah memiliki warisan.”

Perkembangan yang diperlihatkan Liverpool bisa dilihat secara kasat mata di semua sektor. Saat pergantian tahun nanti, rencana untuk merenovasi Anfield hingga menjadikannya sebuah stadion dengan kapasitas lebih dari 60.000 akan dipastikan sementara di musim panas mendatang the Reds akan pindah ke komplek latihan baru di Kirkby – sebuah keputusan yang dimotori oleh Klopp.

Untuk pertama kali, tim senior dan Akademi akan berada di satu tempat. “Itu akan menjadi markas sepakbola Merseyside,” ujar Klopp pada Goal tahun lalu.

Berikutnya adalah langkah signifikan karena kesepakatan dengan Nike rencananya akan diumumkan pada Januari nanti. Liverpool harus melewati pengadilan tinggi untuk mengamankan ini dan mereka meyakini, langkah tersebut akan memiliki dampak besar terhadap pendapatan komersial klub. Bersama salah satu merk ternama di dunia, Liverpool akan semakin kuat secara global.

Pada Februari lalu, Liverpool mengumumkan keuntungan sebelum pajak sebesar £125 juta untuk periode hingga Mei 2018. Perputaran uang tercatat hingga £455 juta dan ini menjadi bagian dari kisah kukuhnya neraca finansial klub. Kita bisa memprediksi angka serupa akan muncul di penguman berikutnya.

Liverpool sekarang ini begitu sehat dan makmur. “Orang-orang melihat apa yang terjadi di atas lapangan sebagai tolak ukur perkembangan kami,” kata Klopp. “Memang itu adalah cara terbaik, tetapi bukan satu-satunya.”

Komentar Klopp di atas bukan satu-satunya cara terbaik untuk menggambarkan situasi di Anfield.

“Dunia ada di tangan mereka,” demikian headline lainnya. Memang begitulah yang dirasakan oleh mereka yang terkoneksi dengan Liverpool sekarang ini. (goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.