Jumat, 26 April 24

Li-Fi, 100 Kali Lebih Cepat Dibanding Wi-Fi

Li-Fi, 100 Kali Lebih Cepat Dibanding Wi-Fi

Obsessionnews – Para ilmuwan telah menguji coba Li-Fi untuk pertama kalinya di lingkungan perkantoran dan industri di Tallinn, Estonia. Baru-baru ini mereka melaporkan transmisi data berkisar di 1 GB per detik, atau 100 kali lebih cepat dari rata-rata kecepatan Wi-Fi saat ini.

Teknologi nirkabel tersebut dapat mentransmisikan data berkecepatan tinggi menggunakan komunikasi cahaya tampak atau Visible Light Communication (VLC) antara 400 dan 800 Terahertz (THz).

“Kami sedang melakukan proyek percontohan dalam beberapa industri yang berbeda dengan memanfaatkan teknologi VLC,” jelas Deepak Solanki, CEO perusahaan teknologi Velmenni.

Selain potensi kecepatan lebih cepat, keunggulan Li-Fi adalah cahaya tidak dapat menembus dinding. Hal ini membuatnya jauh lebih aman dan mengurangi gangguan antarperangkat.

Mereka menyatakan Li-Fi tidak akan sepenuhnya menggantikan Wi-Fi dalam beberapa dekade ke depan. Kedua teknologi ini dapat digunakan bersama-sama untuk jaringan lebih  aman dan efisien.

Jika aplikasi ini dan percobaan Velmenni di Estonia terbukti berhasil, apa yang diprediksi oleh Harald Haas dari Universitas Edinburgh, Skotlandia dalam bukunyaTED 2011 tentang akses internet melalui lampu LED akan terwujud.

“Yang perlu kita lakukan adalah memasang microchip kecil untuk tiap perangkat pencahayaan potensial kemudian menggabungkan dua fungsi dasar: pencahayaan dan transmisi data nirkabel,” jelasnya. (ang/sciencealert)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.