Minggu, 3 Maret 24

LaNyalla Apresiasi Saudi Arabia Serius Tingkatkan Layanan Armina

LaNyalla Apresiasi Saudi Arabia Serius Tingkatkan Layanan Armina
* Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti saat melihat secara langsung beberapa pekerjaan yang sedang dilakukan sejumlah kontraktor di lokasi wukuf di Arafah dan tenda-tenda di Mina, Minggu (3/12/2023) siang waktu setempat. (Foto: dok. Tim LaNyalla)  

Obsessionnews.com – Komitmen Kerajaan Saudi Arabia untuk meningkatkan layanan kepada jemaah haji di Arafah dan Mina (Armina) mendapat perhatian dari Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Bahkan LaNyalla mengintip secara langsung perbaikan di lapangan yang mulai dijalankan saat ini.

 

Baca juga: Soroti Rencana Kenaikan Biaya Haji, LaNyalla Minta Perbaiki Dahulu Pelayanan bagi Jemaah

 

 

Dalam peninjauan non protokoler tersebut LaNyalla melihat secara langsung beberapa pekerjaan yang sedang dilakukan sejumlah kontraktor di lokasi wukuf di Arafah dan tenda-tenda di Mina, Minggu (3/12/2023) siang waktu setempat.

 

 

“Saya memberikan apresiasi kepada Kerajaan Arab Saudi dan Kementerian Haji KSA yang komit melakukan apa yang sudah disampaikan kepada dunia, khususnya kepada Indonesia, bahwa mereka terus melakukan peningkatan layanan, terutama di Armina,” kata LaNyalla dalam siaran pers yang diterima Obsessionnews.com, Senin (4/12).

 

Dia mengaku sengaja melakukan kunjungan lokasi non protokoler, karena untuk melihat secara langsung dan mendadak peningkatan kualitas di maksud.

“Baru setelah itu saya akan bertemu dengan pajabat Kantor Urusan Haji dan Konjen di KJRI kita. Jadi sengaja saya balik metodenya. Lapangan dulu, lihat langsung, baru ke otoritas,” ungkapnya.

 

 

Seperti diketahui Saudi Arabia memang meningkatkan empat layanan dasar di Armina. Pertama, penambahan jumlah toilet, kedua menggunakan alas lantai pasir halus di tenda Wukuf, ketiga stabilisasi kelistrikan dan lantai keramik di Mina.

 

Selain itu kebijakan Kementerian Haji Kerajaan Saudi Arabia juga meniadakan zona negara dan benua di lokasi Armina. Sehingga tidak ada lagi lokasi khusus untuk negara tertentu di Arafah dan Mina. Tetapi ditentukan oleh negara yang lebih cepat menyelesaikan semua kontrak dan siap.

 

“Karena menggunakan sistem first come first, maka mulai sekarang Indonesia harus mulai mengincar dan melakukan plot lokasi. Sehingga begitu nanti dibuka pandaftaran, kita sudah punya target lokasi incaran, baik di Arafah maupun Mina,” pungkas LaNyalla.

 

Usai meninjau Armina dia dijadwalkan bertemu Konjen RI Yusron B. Ambary di KJRI Jeddah dan pejabat Kantor Urusan Haji, sebelum bertolak ke Indonesia. Dalam kunjungan kali ini LaNyalla hanya ditemani beberapa staf, dan tidak bersama anggota DPD RI. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.