Rabu, 15 Mei 24

Jokowi Tunjuk Badrodin Calon Kapolri Gantikan BG

Jokowi Tunjuk Badrodin Calon Kapolri Gantikan BG
Jakarta, Obsessionnews – Presiden Jokowi membuat keputusan membatalkan pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan dengan menunjuk Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri yang baru. BG yang sebelumnya menjadi calon tunggal telah menimbulkan perbedaan pendapat di masyarakat terkait penetapan dirinya sebagai tersangka.
“Maka untuk menciptakan ketenangan dan memperhatikan kebutuhan ‎kepolisian RI maka akan dipimpin oleh Kapolri yang definitif,” ujar Jokowi dalam jumpa pers di komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (18/2/2015).
Jokowi berharap Budi Gunawan terus memberikan kontribusi terbaik bagi kepolisian agar makin profesional dan dipercayai masyarakat. Kontribusi tersebut bisa dilakukan dalam posisi dan jabatan apapun yang nanti diberikan kepadanya.
“Maka itu kami usulkan calon baru yaitu Komisaris Jenderal Badrodin Haiti untuk mendapat persetujuan DPR sebagai Kapolri,” tutur Jokowi.
Nama BG sebelumnya diusulkan sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Sutarman yang sudah diberhentikan dengan hormat. Namun karena terjerat kasus korupsi presiden belum memutuskan melantik Kepala Lembaga Pendidikan Polri itu. Maka untuk mengisi kekosongan presiden tunjuk Komjen Badrodin Haiti sebagai Plt Kapolri.
KPK menetapkan BG sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji selama menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier Deputi Sumber Daya Manusia Polri periode 2003 – 2006 dan jabatan lainnya di kepolisian. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.