Senin, 29 April 24

Di Depan Kades, Jokowi Minta Dana Desa Transparan

Di Depan Kades, Jokowi Minta Dana Desa Transparan

Boyolali, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyentil para Kepala Desa Dan perangkat Desa saat menggelar silaturahim bersama di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (26/12/2015). Bila telah menerima anggaran dana desa Jokowi berpesan kepala desa dan aparat desa harus transparan dan akuntabel.

“Ditulis minimal angkanya, penggunaaannya dan ditempel di papan setiap RT dan RW, supaya terbuka,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden juga meminta agar kepala desa, aparat desa dan masyarakat untuk bermusyawarah dalam menentukan potensi yang akan dikembangkan demi memajukan desanya secara bersama. “Silakan dikalkulasi antara ketersediaan barang dengan kebutuhan pasarnya,” kata Jokowi.

Kepala desa dan aparat desa diminta pula untuk tidak ragu bekerjasama dengan pelaku-pelaku pemberdaya desa, sehingga bisa mewujudkan desa berdikari. “Desa yang mandiri pangan dan energi,” lanjut Jokowi.

Di akhir sambutannya, Presiden mengajak semua pihak agar bergotong royong untuk mewjudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian, dimulai dari desa.

“Mari kita ajak rakyat desa untuk terlibat, berpartisipasi dalam proses pengambil keputusan tentang diri mereka, terlibat dalam menggerakan pembangunan di desa,” ucap Presiden.

Presiden mengajak semua pihak untuk mewujudkan desa yang mandiri, yang memiliki produktivitas yang tinggi, berdaya saing dan dapat berkompetisi.

“Mari kita wujudkan desa-desa yang berbhinneka tunggal ika, desa-desa dengan budaya yang berbebeda namun tetap mempunyai tujuan yang satu untuk Republik Indonesia yang kita cintai,” lanjutnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.