Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Jokowi: Dana Desa Harus Tepat Sasaran

Jokowi: Dana Desa Harus Tepat Sasaran

Boyolali, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo meminta penggunaan dana desa diarahkan betul pada sektor yang memberikan produķtivitas untuk desa. Misalnya dengan membangun irigasi yang dapat meningkatkan produkai panen dan jalan desa untuk memfasilitasi transpotasi hasil panen.

“Tahun kedua ini harus sudah tepat sasaran, harus tepat guna. Jangan sampai luput dari sasaran,” ujar Presiden ketika memberikan sambutan pada Silaturahim dengan Para Kepala Desa Dan Perangkat Desa Seluruh Indonesia di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (26/12/2015).

Jokowi mengatakan prioritas dana desa digunakan untuk pembangunan infrastruktur yang swakelola. Hal ini bisa dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan monitoring yang baik dengan cara mengajak masyarakat untuk rembug desa.

Tahun ini setiap desa mendapat dana desa berkisar antara Rp.600 – 800 juta. Tahun depan anggaran untuk dana desa meningkat Rp 20 Triliun menjadi Rp. 47 Triliun. Pemerintah meningkatkan dana desa agar peredaran uang di desa semakin banyak.

“Oleh karena itu, uang yang sudah ditransfer ke desa jangan sampai keluar dari desa itu,” kata Jokowi.

Apabila suatu desa produktivitasnya tidak meningkat. Presiden mengingatkan bahwa dalam era persaingan nanti akan ketinggalan, terlebih lagi dalam lima hari ke depan, kita telah memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

“Yang bisa berhasil adalah desa yang benar-benar siap. “Lihatlah potensi-potensi yang ada di desa jangan memaksakan,” kata Presiden. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.