Senin, 29 April 24

Butuh Dana Skandal Emisi, Saham VW Terkoreksi 37 Persen

Butuh Dana Skandal Emisi, Saham VW Terkoreksi 37 Persen

Jakarta, Obsessionnews – guna mengatasi skandal emisi kendaraan bermesin diesel, Volkswagen bakal membutuhkan dana sebanyak 78 miliar euro atau setara 87 miliar dolar AS.

Seperti dilansir CNNmoney, hingga saat ini VW sudah menyiapkan dana sebanyak 6,5 miliar euro untuk menangani akibat dari skandal emisi. Selanjutnya, diakui pabrikan asal Jerman tersebut kalau dana yang dibutuhkan kemungkinan lebih besar dari perkiraan awal namun tidak sebesar dugaan Credit Suisse (CS) yang menyebut sebesar 78 miliar euro.

VW menyebutkan, sekitar 11 juta kendaraan yang diproduksinya terpengaruh skandal ini. Secara kumulatif, CS menghitung biaya skandal bisa mencapai 78 miliar euro atau setara tujuh kali dari laba perusahaan di tahun 2014 lalu yang mencapai 21,5 miliar euro.

Angka yang dirilis CS, tidak cuma menghitung biaya perbaikan emisi. Namun, termasuk juga biaya penggantian kepada pemilik unit VW termasuk biaya pengadilan perdata dan pidana.

Analis menduga, biaya paling besar yang kudu ditanggung bersumber dari kompensasi yang dituntut pemilik unit VW sebesar 33 miliar euro.

Sejak berita soal skandal emisi ini mencuat pada 18 September 2015 lalu, saham VW merosot 37%. Dan pada Jumat (3/10) pekan lalu, saham pun terkoreksi hampir 4% dan ditutup pada level 101 euro. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.