Jumat, 26 April 24

‘Biografi Politik Dr. Soekiman Wirjosandjojo’, Karya Terbaru Lukman Hakiem

‘Biografi Politik Dr. Soekiman Wirjosandjojo’, Karya Terbaru Lukman Hakiem
* Buku ‘Biografi Politik Dr. Soekiman Wirjosandjojo’. (Foto: ist)  

Obsessionnews.com – Sesudah menyunting dan menerbitkan Alam Pikiran dan Jejak Perjuangan Prawoto Mangkusasmito (2004),  Biografi Mohammad Natsir (2019), kali ini Lukman Hakiem meluncurkan karya terbarunya, yakni Biografi Politik Dr. Soekiman Wirjosandjojo.

 

Baca juga:

Sukarno-Natsir, Parkindo-Masyumi-Soekiman: Hari-hari indah Persatuan Nasional

NU dan Masyumi Berpisah tetapi Tetap Kompak

Beberapa Fakta Sekitar Masyumi dan PRRI

 

 

Kepala Program Studi Ilmu Politik FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta Dr. Usni Hassanudin M. Si menyebut paripurna sudah, tiga Ketua Umum Partai Masyumi telah dinarasikan dengan baik oleh Lukman.

“Sebagai penampu mata kuliah Sistem Politik Indonesia, saya menyambut gembira terbitnya buku ini. Dengan cara penulisan yang ringan dan mengalir, Bang Lukman telah berhasil menguak kabut yang selama ini menyelimuti sosok Dr Soekiman, tokoh yang bersama Hadratus Syaikh K.H. M. Hasjim Asj’ati merawat dan membesarkan bayi Partai Masyumi,” tulis Usni.

Menurutnya, buku ini bukan sekadar sumbangan bagi khazanah kepustakaan politik Islam modern, tetapi juga menyajikan fakta mengenai peran penting kaum Muslimin dalam membangun Negara Republik Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur.

Sementara itu pakar hukum tata Negara Prof Dr Yusril Ihza Mahendra mengaku sangat senang dengan terbitnya buku Biografi Politik Dr Soekiman Wirjosandjojo ini. Menurut Yusril, buku ini mengungkapkan tabir peranan Dr Soekiman dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan negara kita sejak zaman penjajahan Belanda, pendudukan Jepang dan era awal kemerdekaan.

Yusril menyebut Dr. Soekiman adalah pejuang sejati. Sumbangannya begitu besar bagi berdirinya Negara Republik Indonesia dan tahun-tahun pertama pembentukannya.

“Sayangnya, peranan Dr. Soekiman yang pernah menjadi Perdana Menteri RI itu sering dilupakan. Beruntung kita, Lukman Hakiem telah mengungkapkannya melalui buku ini,” tulis Yusril. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.