Minggu, 3 Maret 24

Bhabinkamtibmas Jayapura Buka Pelajaran Membaca dan Menulis untuk Lansia

Bhabinkamtibmas Jayapura Buka Pelajaran Membaca dan Menulis untuk Lansia
* Bhabinkamtibmas Aipda Yosafat Bemey tengah serius mengajar dua orang tua lansia membaca dan menulis dalam program Gabus di Kampung Yanbra, Distrik Kemtuk Gresi, Kabupaten Jayapura pada Kamis (9/11) 2023. (Foto: ANTARA/Yudhi Efendi)

Obsessionnews.com – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dari Polsek Kemtuk Gresi, Polres Jayapura Aipda Yosafat Bemey aktif terlibat dalam kegiatan pendidikan dengan mengajar membaca dan menulis kepada lansia di Jayapura.

Yosafat mengaku bersama Bripka Leo Andreas Purba telah menjalankan kegiatan rutin ini di Kampung Yanbra Distrik Kemtuk Gresi.

“Kegiatan tersebut merupakan rutinitas yang sudah terjadwal oleh saya dan redan Bripka Leo Andreas Purba,” kata Yosafat, Jumat (10/11/2023).

Menurut Yosafat, kegiatan belajar membaca dan menulis diadakan setiap minggunya melalui program Gerakan Baca Tulis (Gabus) yang diinisiasi oleh Polres Jayapura. Fokus dari program ini adalah memberikan pelajaran dasar membaca dan menulis kepada masyarakat dari berbagai kelompok usia.

“Usia bukanlah penghalang untuk belajar. Program Gabus ini mencakup pengenalan huruf, angka, dan keterampilan menulis, tidak hanya bagi anak-anak tetapi juga untuk orang tua yang ingin memulai atau meningkatkan keterampilan membaca tulis mereka,” jelasnya.

Yosafat menjelaskan, kegiatan ini diadakan di rumah belajar yang disediakan oleh peserta didik, Mama Belandina Nasadit, yang berusia 72 tahun. Program Gabus diarahkan untuk membantu masyarakat Papua, khususnya di pedalaman, dalam meningkatkan tingkat literasi dan menyelesaikan masalah buta huruf.

Dengan melibatkan sembilan peserta didik dari berbagai usia, termasuk Mama Belandina Nasadit yang berumur 72 tahun, diharapkan program ini dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan dan membantu menuntaskan masalah buta huruf di komunitas tersebut.

Semangat dan komitmen Bhabinkamtibmas dalam kegiatan pendidikan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada kesejahteraan masyarakat di Jayapura. (Antara/Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.