Sabtu, 27 April 24

Banyak Desainer Fesyen Kelas Dunia yang Adopsi Batik Indonesia

Banyak Desainer Fesyen Kelas Dunia yang Adopsi Batik Indonesia
* Industri batik. (Foto: Edwin B/Obsession News)

Jakarta, Obsessionnews.com
Batik Indonesia dianggap memiliki berbagai keunggulan komparatif dan kompetitif di pasar domestik dan internasional, serta berhasil menjadi market leader di pasar batik dunia. Tentunya menjadi peluang besar bagi industri batik Indonesia untuk terus memperluas akses pasarnya.

Hal itu dikemukakan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutannya pada pembukaan Rangkaian Kegiatan Hari Batik Nasional 2020 yang dilaksanakan secara virtual, Jumat (2/10/2020).

Baca juga:

Unik! Di Masa Pandemi Covid-19, Ekspor Batik Indonesia Meningkat

FOTO Sambut Hari Batik Nasional

Dorong Daya Saing Produk Batik, Kemenperin Gandeng YBI Lakukan Bimtek

Kemenperin Aktif Beri Pelatihan Pembuatan Batik yang Ramah Lingkungan

 

Dikutip obsessionnews.com dari siaran pers Kemenperin, Jumat, saat ini banyak tokoh dunia yang telah mengenakan batik di dalam forum internasional. Dan banyak desainer fesyen kelas dunia yang juga mulai mengadopsi batik Indonesia dalam koleksi karya busana mereka.

 

“Perkembangan batik di Indonesia memuncak pada 2 Oktober 2009, ketika UNESCO menetapkan Batik Indonesia sebagai Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity, yaitu pengakuan internasional bahwa batik Indonesia adalah bagian kekayaan peradaban manusia,” paparnya.

Melalui pengakuan organisasi dunia tersebut pemerintah memutuskan, bahwa setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

“Selain menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia, penetapan Hari Batik Nasional juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia,” tandas Agus. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.