Sabtu, 24 Oktober 20

Kemenperin Aktif Beri Pelatihan Pembuatan Batik yang Ramah Lingkungan

Kemenperin Aktif Beri Pelatihan Pembuatan Batik yang Ramah Lingkungan
* Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri  (BPPI) Kementerian Perindustrian Doddy Rahadi. (Foto: Humas Kemenperin)

Jakarta, Obsessionnews.com –  Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) aktif memberikan pelatihan kepada para pelaku industri batik di tanah air agar semakin berdaya saing global. Upaya ini diharapkan dapat memacu kompetensi para perajin batik sekaligus mendorong terciptanya inovasi produk.

Baca juga:

Batik Indonesia Prakarsa Bung Karno

Jaga Kelestarian Batik, Ini yang Dilakukan Kemenperin

“Beberapa waktu lalu unit litbang di bawah binaan kami, yakni Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) di Yogyakarta telah menyelenggarakan pelatihan kepada perajin yang tergabung dalam Asosiasi Perajin Batik Jawa Timur (APBJ) di 38 kabupaten dan kota,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri  (BPPI) Kemenperin Doddy Rahadi di Jakarta dalam siaran pers kemarin, Senin (7/9/2020).

Doddy menyampaikan, salah satu fokus materi pelatihan yang diberikan saat itu adalah tentang proses pembuatan batik yang ramah lingkungan. Tujuannya untuk menciptakan efisiensi pemakaian bahan baku, energi, dan hemat air, sehingga limbah yang dihasilkan lebih sedikit. Hal ini sesuai dengan implementasi prinsip industri hijau yang dapat mendukung konsep ekonomi secara berkelanjutan.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.