Minggu, 29 Januari 23

Unik! Di Masa Pandemi Covid-19, Ekspor Batik Indonesia Meningkat

Unik! Di Masa Pandemi Covid-19, Ekspor Batik Indonesia Meningkat
* Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. (Foto: Humas Kemenperin)

Jakarta, Obsessionnews.com
Industri batik dinilai mempunyai daya ungkit besar dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini tercemin dari sumbangsihnya terhadap devisa melalui capaian ekspor periode Januari-Juli 2020 sebesar USD21,54 juta atau meningkat dibanding pada semester I-2019 senilai 17,99 juta.

 

Baca juga:

FOTO Sambut Hari Batik Nasional

Dorong Daya Saing Produk Batik, Kemenperin Gandeng YBI Lakukan Bimtek

Kemenperin Aktif Beri Pelatihan Pembuatan Batik yang Ramah Lingkungan

 

Oleh karena itu industri batik merupakan salah satu sektor yang mendapat prioritas pengembangan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

“Fenomena yang cukup unik, karena pasar ekspornya bisa meningkat di saat masa pandemi Covid-19. Pasar utama ekspor batik Indonesia antara lain ke Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutannya pada pembukaan Rangkaian Kegiatan Hari Batik Nasional 2020 yang dilaksanakan secara virtual, Jumat (2/10/2020).

Dikutip obsessionnews.com dari siaran pers Kemenperin, Jumat, melihat potensi tersebut Agus menegaskan, pihaknya akan berupaya membuka pasar-pasar baru di kancah global. Hal ini diyakini bisa membantu kembali menggairahkan kinerja industri batik nasional di tengah dampak pandemi, sekaligus semakin memperkenalkan beragam batik khas Indonesia. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.