Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Atraksi Wisata Indonesia Berkualitas Terbaik

Atraksi Wisata Indonesia Berkualitas Terbaik
* Tarian yang ditampilkan di  acara Coaching Clinic Penyelenggaraan Calendar of Events di Sparks Luxe Hotel Jakarta, Rabu (17/7/2019). (Foto: Kemenpar)

Jakarta, Obsessionnews.com – Atraksi wisata Indonesia dalam 100 Calender of Event (CoE) yang telah ditetapkan setiap tahunnya sudah berkualitas terbaik untuk ditawarkan kepada wisatawan. Kualitas yang dimaksud meliputi koreografi, tata panggung, desain, hingga busana yang akan dipertunjukkan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya saat Coaching Clinic Penyelenggaraan Calendar of Events di Sparks Luxe Hotel Jakarta, Rabu (17/7/2019) memastikan event pariwisata 2019 memenuhi standar yang diarahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahwa setiap event harus memiliki kualitas tingkat nasional.

 

Baca juga:

Tradisi Unik Masyarakat Biak di Festival Muara Wampasi 2019 Sedot Perhatian Wisatawan

Crossborder Music Festival Atambua 2019 Sukses Jaring Wisatawan Timor Leste

Samosir Manjakan Wisatawan Lewat Horas Samosir Fiesta

 

Menteri Pariwisata Arief Yahya. (Foto: Kemenpar)

Standarisasi yang dimaksud yakni memiliki nilai kreativitas (creative value), nilai komersial (commercial value), nilai komunikasi (communication value), serta didukung oleh komitmen/keseriusan kepala daerah (CEO commitment) dalam mengembangkan pariwisata daerahnya.

“Yang paling penting itu adalah komitmen dan keseriusan kepala daerah dalam suatu event. Sebab hipotesis saya, setiap daerah yang menyelenggarakan banyak event pendapatan perkapita daerah dan indeks kebahagiaan daerahnya akan tinggi. Seperti Banyuwangi, pendapatan perkapitanya paling tinggi atau nomor dua di Jawa Timur,” kata Arief.

Ia juga mengingatkan para penyelenggara untuk membuat event sesuai pasar dan harus mengikuti petunjuk teknis dari kurator sehingga atraksi wisata yang digelar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

“Melalui coaching clinic ini, para penyelenggara event di daerah mampu menyelenggarakan event dengan kualitas dunia yang mampu menarik wisatawan asing dan domestik, tidak hanya show bagi penduduk lokal,” tandasnya.

Arief juga menekankan Indonesia harus memiliki event dimana marketnya adalah para milenial. Sebab, tidak bisa dipungkiri jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia sebanyak 51 persennya adalah generasi milenial.

“Wisatawan yang datang ke Indonesia 51 persennya adalah milenial. Untuk itu, kita tidak hanya memiliki 100 CoE Nasional tetapi juga memiliki 10 yang dipilih langsung oleh para generasi milenial,” katanya.

Di Indonesia, Millennial Events yang paling disukai adalah Soundrenalin, Djakarta Warehouse Project (DWP), Indonesia Color Run, Jogja Air Show, We The Fest, Hodge Podge, Super Adventure Monster Road, The 90s Festivals, Grebeg Suro dan Festival Nasional Reyog Ponorogo, dan SOUNDSATIONS.

Dalam coaching clinic event turut hadir berbagi narasumber seperti Tenaga Ahli Menteri Bidang Management Calendar Of Events Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Esty Reko Astuti, Denny Malik profesional di bidang koreografer dan music arrangement yang juga sebagai Kurator Bidang Festival dalam TIM CoE.

Ada pula Danny M Noeranto “Ceper” yang ahli di bidang panggung, tata suara, dan tata panggung sekaligus show director.

Lalu ada Dewi Gontha (Dirut Java Festival Production) yang memiliki kompetensi di bidang musik skala nasional dan internasional, Jamaludin Mahmood (International Commissaire UCI) di bidang sport tourism, dan Intan Ayundavira (Event Director JFC) berkompeten di bidang fashion desainer. (arh)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.