Jumat, 26 April 24

‘Wow Factor’ Ala Adi Sampurno

‘Wow Factor’ Ala Adi Sampurno
* General Manager Hotel GranDhika Iskandarsyah Jakarta R. Adi Sampurno. (Foto: Edwin B/Men’s Obsession)

Tak kalah penting, ia juga memperluas segmentasi pasar Hotel GranDhika Iskandarsyah Jakarta yang dipimpinnya. Semula hotel ini tidak didesain untuk menerima segmen wedding. Akhirnya Adi coba menugaskan tim sales-nya untuk meng-grab segmen tersebut dan memodifikasi area pool sebagai venue wedding.

“Alhamdulillah, setiap bulan, satu sampai dua wedding mampu kami grab,” imbuhnya.

Apa yang dikerjakan Adi berbuah manis. Hal ini bisa dilihat dari kinerja positif yang diraih Hotel GranDhika Iskandarsyah Jakarta yang dalam kurun waktu hanya dua bulan bisa mencapai target anggaran.

“Saya join bulan September 2018, sekitar bulan Oktober mencapai revenue tertinggi selama ini. Bahkan, pada 2019 ini, kami achieve revenue tertinggi pada bulan September. Jadi, ada kemajuan dari tahun lalu. Dari segi target budget tahun ini, kami masih ahead,” urai pria berkacamata ini.

Lebih lanjut Adi menuturkan unique selling point dari hotel yang hingga kini masih menjadi tolok ukur dari cabang-cabang GranDhika lainnya ini adalah terletak di Kawasan Blok M, Jakarta Selatan, tidak salah kalau hotel ini disebut strategis, dekat dengan pusat bisnis, tempat belanja, maupun kuliner.

“Saya juga review komentar dari tamu yang menyatakan, bahwa kami memiliki makanan yang sesuai dengan selera. Kami dapat banyak pujian. Dari sisi kebersihan, pelayanan, dan keramahan, kami juga sering dapat pujian. Ya, kami memang ada di peringkat bintang empat, tapi kami memberikan kualitas produk dan service layaknya bintang lima. Ke depan kami juga akan melakukan pengembangan, yakni memperluas fasilitas meeting room dan ballroom,” Adi menggarisbawahi.

Ia juga membeberkan tips untuk membangun tim yang solid, kuncinya ada pada komunikasi dan apresiasi karyawan. Jadi, setiap tiga bulan sekali ia akan mengadakan suatu apresiasi untuk para karyawannya yang memiliki talenta.

“Memberikan penghargaan employee of the quarter dan pada akhir tahun employee of the year. Sementara dari sisi komunikasi, setiap satu atau dua bulan sekali, saya langsung berdiskusi dengan level staf paling lower untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi di tataran karyawan. Jadi, saya bisa action langsung supaya mereka merasa didengar. Dengan begitu suasana kekeluargaan dan team work semakin baik,” terang pria yang memiliki filosofi hidup starting right now, no exceptions and enjoy the risk ini.

Menutup pembicaraan, ia mengatakan obsesinya, yakni menjadikan Hotel GranDhika Iskandarsyah Jakarta sebagai market leader pada level bintang empat di Jakarta.

“Memang tidak mudah. Terlebih, menjamurnya hotel di Jakarta terutama di daerah Selatan. Ini seru dan membuat kami semakin tertantang untuk kreatif berpikir mencari market yang belum tersentuh,” pungkasnya. (Gia Putri)

Artikel ini dalam versi cetak telah dimuat di Majalah Men’s Obsession Edisi November 2019 dengan judul R. ADI SAMPURNO General Manager Hotel GranDhika Iskandarsyah Jakarta Wow Factor Ala Adi Sampurno

Pages: 1 2 3

Related posts

1 Comment

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.