Minggu, 17 Oktober 21

World Championships 2015: Tontowi-Liliyana Terus Melangkah

World Championships 2015: Tontowi-Liliyana Terus Melangkah

Jakarta, Obsessionnews Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir hanya butuh waktu 30 menit untuk meraih tiket babak kedua BWF World Championships 2015. Pasangan Juara Dunia 2013 ini menang mudah atas Rodion Kargaev/Ekaterina Bolotova (Rusia), dengan skor telak 21-11, 21-11.

Kedua pasangan ini memang berada di level yang berbeda. Tontowi/Liliyana yang kini bertengger di peringkat tiga dunia, merupakan salah satu ganda campuran elit dunia. Sedangkan Kargaev/Bolotova masih jauh dibawah Tontowi/Liliyana yaitu rangking 62 dunia. (Baca juga: Tumbangkan Soraya, Linda Melaju)

Pada laga yang berlangsung siang ini di lapangan 1, Tontowi/Liliyana menunjukkan kelasnya, mereka sulit dibendung oleh pasangan Rusia dan unggul jauh 11-1 pada interval game pertama. Kargaev/Bolotova juga terlihat belum mampu mengimbangi permainan yang diterapkan Tontowi/Liliyana. Beberapa kali Bolotova kalah saat adu bola di depan net melawan Liliyana.

Tontowi/Liliyana merupakan salah satu andalan Indonesia di ajang Total BWF World Championships 2015. Keduanya bertekad mengulang sukses yang mereka raih di kejuaraan yang sama pada tahun 2013 di Guangzhou, Tiongkok.

“Pertandingan hari ini kami manfaatkan untuk mencoba lapangan, kondisi angin, dan jaga komunikasi dengan Tontowi. Supaya kedepannya kami bisa saling melengkapi, tahu mau main apa dan menerapkan pola permainan seperti apa,” kata Liliyana soal pertandingannya.

“Tontowi/Liliyana adalah pasangan yang bagus, mereka top players. Memang sulit buat kami mengalahkan mereka. Ini adalah kejuaraan dunia pertama buat kami dan hasilnya tidak bagus. Kami harus banyak latihan lagi. Atmosfer di stadion ini sungguh ramai, menguntungkan buat pemain tuan rumah, tetapi menyulitkan buat kami,” ujar Kargaev.

Tontowi/Liliyana yang merupakan unggulan ketiga ini sudah dinanti wakil Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying di babak selanjutnya. Chan/Goh melaju ke babak kedua setelah menyingkirkan unggulan kesembilan, Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah (Hong Kong), lewat pertarungan rubber game, 17-21, 21-17, 21-18.

Skor pertemuan atas Chan/Goh sementara diungguli Tontowi/Liliyana dengan kedudukan 5-1. Namun pertemuan terakhir kedua pasangan terjadi pada tahun 2013.

“Mengenai pertandingan di babak kedua melawan Chan/Goh, menurut kami mereka adalah pasangan yang cukup bagus. Kami harus mewaspadai mereka, walaupun kami lebih diunggulkan dan sering mengalahkan mereka, besok mulai lagi skornya 0-0. Kami tidak mau menganggap enteng lawan,” jelas Liliyana yang biasa disapa Butet.

“Kami akan menerapkan strategi khusus melawan Chan/Goh. Pokoknya sekarang yang paling penting adalah menjaga kondisi kami. Rasanya kami cukup optimis bisa menang dari ganda campuran asal Malaysia ini,” imbuh Tontowi.

Lewat kemenangan Tontowi/Liliyana, Indonesia sementara sudah mengirim dua wakil ganda campuran ke babak kedua. Sebelumnya, Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja berhasil lolos ke babak kedua usai mengalahkan Jorrit De Ruiter/Samantha Barning (Belanda) dalam dua game langsung, 21-13, 21-15. Sedangkan pasangan Riky Widianto/Richi Puspita Dili dan Praveen Jordan/Debby Susanto baru akan bertanding siang ini. (rez)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.