Jumat, 6 Desember 19

Van Gaal Pergi, Mou Datang

Van Gaal Pergi, Mou Datang
* Louis van Gaal (kiri) dan Jose Mourinho.

Manchester, Obsessionnews – Rumor pemecatan Louis Van Gaal akhirnya menjadi kenyataan. Manchester United (MU) secara resmi mengumumkan pemutusan kontrak Van Gaal pada Senin (23/5/2016) pukul 20.30 waktu setempat. Pelatih berkebangsaan Belanda ini harus mengakhiri kontraknya setahun lebih cepat. Van Gaal yang direkrut pada 2014 diikat dengan kontrak tiga tahun.

Dalam pengumuman pemecatan, Wakil Chairman Ed Woodward turut mengucapkan terima kasih, terutama atas jasa Van Gaal mengakhiri paceklik gelar klub.

“Saya ingin berterima kasih kepada Van Gaal dan stafnya atas kinerja yang sangat bagus dalam dua tahun terakhir. Puncaknya adalah gelar Piala FA ke-12 untuk klub,” bunyi pernyataan klub.

Menurut manajemen MU, Van Gaal telah menunjukkan profesionalisme sepanjang waktu dan meninggalkan warisan berupa kepercayaan terhadap kemampuan pemain muda di level tertinggi.

Keberhasilan Van Gaal mengantarkan Setan Merah menjuarai Piala FA setelah menaklukkan Crystal Palace dengan skor 2-1 pada final di Stadion Wembley, Sabtu (21/5), tak mampu menyelamatkan kariernya. Pasalnya, mantan pelatih timnas Belanda ini gagal membawa MU bertengger di papan atas di Liga Inggris, dan hanya finis di posisi kelima, yang berdampak tak dapat mengikuti Liga Champions tahun depan.

Dia merasa kecewa atas pemecatan itu, karena merasa masih mampu memberi banyak hal untuk The Red Devils.

“Saya sangat kecewa tidak mampu menuntaskan rencana tiga tahun ini,” demikian Van Gaal membuka surat perpisahan dengan MU seperti dikutip situs resmi klub.

Van Gaal yakin MU telah punya pondasi untuk terus melaju dan meraih sukses yang lebih besar lagi. Dia berharap kemenangan di Piala FA akan memberikan acuan untuk membangun klub musim depan demi mengembalikan lagi kesuksesan yang sangat diinginkan fans.

“Merupakan sebuah kehormatan bagi saya untuk menangani klub luar biasa seperti Manchester United, dan selama itu, saya sudah memenuhi ambisi besar klub ini. Saya sangat bangga bisa membantu United memenangi Piala FA untuk ke-12 kali sepanjang sejarahnya. Saya merasa senang bisa memenangi 20 piala selama karier kepelatihan, tapi memenangi Piala FA begitu bersejarah dan akan jadi salah pencapaian paling spesial dalam hidup saya,” tulisnya

Setelah Van Gaal pergi, Jose Mourinho disebut sebagai penggantinya. Mantan pelatih Chelsea itu telah datang di London kemarin. Menurut laporan media-media Inggris, Mou, panggilan akrabnya, telah mengirimkan agennya, Jorge Mendes, untuk merampungkan kontrak pada Selasa (24/5). Kabarnya Mou akan diikat dengan kontrak berdurasi tiga tahun.

Memudar Setelah Ditinggal Fergie

MU saat dibesut  Fergie, sapaan akrab Sir Alex Ferguson, merupakan klub sepak bola yang hebat di Inggris dan Eropa. Namun, sinar keperkasaan MU memudar setelah ditinggalkan Fergie yang pensiun.  Fergie merekomendasikan pelatih Everton, David Moyes, sebagai penggantinya pada Mei 2013.

Sir Alex Ferguson.
Sir Alex Ferguson.

Sayangnya, Moyes tak mampu mengantarkan MU berjaya. MU terperosok di papan menengah Liga Inggris dan berujung pada pemecatan Moyes menjelang berakhirnya musim 2013 – 2014.

Pemain MU Ryan Giggs kemudian ditunjuk sebagai caretaker pelatih. Namun hingga berakhirnya musim 2013 – 2014 MU tetap bercokol di papan menegah, dan tak mendapat tiket Liga Champions 2014 – 2015.

MU kemudian merekrut Van Gaal pada tahun 2014. Pada musim pertamanya melatih, 2014-2015, ia berhasil membawa MU ke papan atas dan mengikuti Liga Champions 2015-2016. Tapi, MU gagal bersaing di ajang ini. (red/arh, @arif_rhakim)

Baca Juga:

Van Gaal Resmi Dipecat, Saham MU Naik Dua Persen

Manchester United Mengalahkan Crystal Palace

Van Gaal Mengaku Jabatannya Berakhir di MU

Ferguson Anggap Tak Salah Pilih David Moyes

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.